Sukses

Health

Cari Tau 5 Penyebab Bau Mulut agar Tampil Percaya Diri dengan Nafas yang Segar

Fimela.com, Jakarta Bau mulut adalah salah satu hal yang bisa membuat kita tidak bisa tampil percaya diri. Selain itu juga bau mulut bisa mengganggu aktivitas orang lain yang berada di sekitar kita. Tentu kita tidak mau bukan dijauhi teman atau kolega bisnis hanya karena masalah bau mulut? Oleh karena itu penting untuk mengetahui apa saja penyebab bau mulut dan sebisa mungkin kita menghindari atau menguranginya sebagai bentuk pencegahan.

Mulai dari faktor kebersihan gigi hingga makanan yang masuk ke dalam tubuh mengambil peran penting pada parah tidaknya bau mulut. Selain 2 faktor tersebut ada lagi hal lain yang perlu diperhatikan. Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah 5 faktor penyebab bau mulut

Kebersihan Gigi

Kebersihan adalah faktor utama dari penyebab bau mulut. Jika kita tidak rajin membersihkannya seperti menyikat gigi dan menggunakan benang atau tusuk gigi, maka sudah dipastikan akan banyak bakteri yang bersarang dan menyebabkan bau mulut. Gigi yang jarang dibersihkan akan membentuk plak dan berakhir pada karang gigi. Jadi usahakan untuk rajin membersihkan gigi setidaknya sikat gigi 2 kali sehari sebelum dan sesudah tidur.

Makanan Tertentu

Kandungan pada bahan makanan tertentu dapat menyebabkan bau mulut. Sebut saja keluarga bawang-bawangan seperti bawang merah, bawang putih, dan rempah lainnya. Setelah makanan ini masuk ke dalam mulut dan dicerna tubuh, mereka akan memasuki aliran darah, kemudian dibawa ke paru-paru, dan terakhir mempengaruhi nafas.

Merokok

Tembakau pada rokok dipercaya menjadi penyebab bau mulut. Selain bau mulut kandungan dalam rokok juga bisa memicu penyakit mulut lain seperti penyakit pada gusi. 

Pengaruh Obat-Obatan Tertentu

Beberapa obat yang kita konsumsi secara tidak langsung dapat menyebabkan bau mulut. Sebab mereka dipercaya membuat mulut menjadi kering yang merupakan salah satu faktor pemicu bau mulut. Kandungan pada obat-obatan tertentu dipecah dalam tubuh dan kemudian melepaskan bahan kimia yang dibawa pada nafas kita.

Mulut Kering

Mulut yang kering dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap. Hal ini dikarenakan kadar air liur yang berkurang di dalam mulut, yang mana air liur di sini berfungsi membantu membersihkan mulut dengan menghilangkan partikel penyebab bau mulut. Mulut yang kering saat bangun tidur adalah hal yang lumrah, apalagi jika tidur dalam keadaan mendengkur. Namun perlu diperhatikan jika mulut selalu kering yang bisa diindikasikan terdapat masalah dengan kelenjar air liur atau beberapa penyakit lain.

Nah, setelah mengetahui penyebab dari bau mulut sekarang kita bisa menghindari hal tersebut dan menjaga kebersihan serta kesehatan mulut. Nafas segar pun akan menemani pada setiap kalimat yang kita utarakan. 

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading