Sukses

Health

Kecil tapi Kaya Nutrisi, Ketahui 5 Manfaat Chia Seeds untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Chia seeds adalah biji-bijian yang didapatkan dari tanaman berbunga dengan nama latin Salvia hispanica L. Tanaman chia seeds sendiri berasal dari dataran Amerika dan dipercaya sudah dimanfaatkan sejak peradaban suku Maya dan Aztec. Tidak diragukan lagi karena sudah terbukti banyak nutrisi baik yang terkandung dalam tiap butir biji chia seeds ini.

Dilansir dari situs healthline, dalam chia seeds terdapat kandungan serat, protein, lemak asam omega-3, vitamin B1 dan B3, serta banyak mineral lain seperti zat besi, kalsium, fosfor, zinc, dan magnesium. Dari banyaknya nutrisi baik ini tak ayal menjadikan chia seeds sebagai makanan yang kaya akan manfaat.

Berikut ini 5 manfaat yang bisa tubuh dapatkan saat mengkonsumsi chia seeds.

Mengatasi Radikal Bebas

Selain nutrisi yang telah disebutkan, rupanya chia seeds memiliki segudang antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Contoh antioksidan yang terdapat pada chia seeds antara lain asam klorogenat, asam caffeic, myricetin, quercetin, dan kaempferol. Dengan antioksidan ini chia seeds dipercaya mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan juga penyakit berbahaya lainnya seperti kanker.

Membantu Program Penurunan Berat Badan

Protein dan serat dalam chia seeds akan sangat membantu kamu dalam program penurunan berat badan. Apalagi protein yang terkandung pada chia seeds mampu menekan nafsu makanmu sehingga hasil untuk program diet kamu akan tampak lebih nyata. Meskipun berguna untuk program penurunan berat badan, tetap saja mengimbangi dengan diet sehat diperlukan selain mengkonsumsi chia seeds.

Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Kandungan serat dan omega-3 yang tinggi pada chia seeds dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat pada chia seeds yang cepat larut dipercaya mampu menurunkan tekanan darah sehingga bisa meminimalisir risiko terkena penyakit jantung. Jadi chia seeds bermanfaat untuk jantung namun lebih banyak penelitian dibutuhkan.

Menyehatkan Tulang

Seperti yang sudah disebutkan bahwa chia seeds mengandung banyak mineral baik seperti zat besi, kalsium, fosfor, zinc, dan magnesium yang bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang. Sehingga mengkonsumsi chia seeds membantu kamu dalam menjaga kesehatan tulang.

Mengurangi Kadar Gula Darah

Mengkonsumsi chia seeds dipercaya mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dan menurunkan kadarnya. Seperti yang kita ketahui bahwa kadar gula yang tinggi akan memicu banyak komplikasi penyakit serius seperti penyakit jantung. Dalam sebuah studi ditemukan bahwa orang dewasa sehat yang makan roti dengan chia seeds mengalami penurunan kadar gula darah ketimbang yang tidak. Studi pada hewan juga menunjukkan bahwa ada kaitan antara chia seeds dan kadar gula darah. Meskipun begitu penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan.

Banyak sekali manfaat yang ditawarkan oleh chia seeds. Kamu bisa memanfaatkannya dengan memasukkan ke puding maupun ke smoothie, salad, atau yogurt. 

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading