Sukses

Health

5 Penyebab Mengantuk setelah Makan yang Sering Kamu Alami

Fimela.com, Jakarta Setelah makan, biasanya makan siang, kadang rasa mengantuk menyerang. Setelah perut kenyang, rasanya ingin segera tidur. Bahkan membuat kita seperti tak punya energi untuk melanjutkan aktivitas lagi.

Kalau kamu sering merasa mengantuk setelah makan, ada baiknya untuk segera mencari tahu penyebabnya. Melansir laman Lifehack.org, ada sejumlah penyebab umum yang membuat kita gampang mengantuk setelah makan. Lima di antaranya adalah sebagai berikut.

 

 

1. Makan Terlalu Banyak

Kekenyangan bisa membuatmu gampang mengantuk. Makan terlalu banyak membuat tubuhmu menggunakan banyak energi untuk mencerna. Ada baiknya perhatikan juga porsi makanan yang kamu konsumsi setiap harinya. Jangan sampai kebanyakan dan malah membuatmu kekenyangan sampai memberatkan sistem pencernaanmu.

 

 

2. Kurang Olahraga

Mungkin ini sepintas tak berkaitan langsung dengan penyebab kantuk. Namun, ketika tubuh jarang bergerak, tubuh kekurangan energi yang dibutuhkan untuk bisa berfungsi dengan baik. Ketika makan dan energi yang dibutuhkan untuk mencerna masih kurang, kita bisa merasa gampang mengantuk dan lelah. Ada baiknya untuk mengimbangi jadwal makan teratur dengan olahraga yang rutin juga.

 

3. Terlalu Banyak Kafein

 

Terlalu banyak mengonsumsi minuman atau makanan berkafein bisa membuat efek penambah energi dari kafein hilang. Mengawali hari dengan sarapan dan minum kopi bisa membantu kita terjaga asalkan kafein yang dikonsumsi tidak sampai berlebihan. Begitu pula ketika makan siang, kebanyakan kafein malah akan membuat tubuh cepat lelah.

 

 

4. Makan Tidak Teratur

Lupa makan, makan tidak teratur, atau hanya makan ketika baru merasa lapar bisa membuatmu gampang mengantuk setelah makan. Makan tidak teratur bisa membuat tubuhmu gampang capek. Bahkan bisa membuatmu kesulitan mengontrol porsi makan yang dibutuhkan tubuh.

 

 

5. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

Makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh, karbohidrat sederhana, dan perasa buatan seperti yang ada pada makanan cepat saji bisa membuat kita gampang mengantuk setelah mengonsumsinya. Kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi juga bisa membuat gula darah tidak stabil. Fluktuasi ini bisa membuat kita rasanya ingin langsung tidur setelah mengonsumsi makanan cepat saji.

Tubuh umumnya butuh waktu sekitar dua jam untuk mencerna makanan yang dikonsumsi. Kalau kamu sering mengantuk setelah makan, coba perhatikan lagi porsi dan kandungan makanan yang kamu konsumsi. Atau kalau mulai merasakan gangguan kesehatan, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading