Sukses

Health

5 Makanan yang Justru Bikin Makin Lapar dan Lemas Saat Berpuasa

Fimela.com, Jakarta Marhaban ya Ramadan. Selamat menyambut datangnya bulan Ramadan bagi umat muslim di manapun kamu berada. Bulan Ramadan identik dengan ibadah puasa. Saat berpuasa, penting bagi kita untuk memilih makanan yang tepat agar kita tidak rentan lapar, gagal fokus dan lemas saat menjalankan ibadah puasa. 

Mengutip dari laman healthline.com, ada beberapa jenis makanan sehat yang baik untuk fisik dan psikis selama berpuasa. Beberapa makanan ini akan bantu kita tetap kenyang saat berpuasa. Ini juga bikin kita semangat dalam menjalankan ibadah puasa. Di sisi lain, ada beberapa makanan yang justru bikin kita makin lapar dan lemas saat berpuasa. Berikut adalah daftar makanan yang justru bikin lapar dan lemas. 

Jus Buah

Minum jus buah saat berbuka puasa menjadi kenikmatan tersendiri. Jus buah mengandung cairan yang cukup di dalamnya. Ini juga mengandung vitamin yang melimpah. Namun sayangnya, jus buah tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan saat puasa. Minum jus buah berlebih hanya akan bikin kamu rentan semakin lemas dan lapar. Jus buah rendah kalori di dalamnya. Ini juga tak memiliki banyak energi untuk tubuh. 

Sereal

Konsumsi sereal sebagai menu berbuka atau sahur, justru membuatmu makin cepat lapar. Sereal mengandung banyak gula yang begitu cepat untuk dicerna tubuh. Makanan ini sangat sering bikin lapar dan lemas.

Roti Tawar Putih

Makanan selanjutnya yang sering bikin cepat lapar dan lemas ada roti tawar putih. Penting diketahui, Roti tawar putih mengandung karbohidrat olahan yang cepat dicerna menjadi gula oleh tubuh. Hal ini membuat tubuh melepaskan insulin dan membuatmu merasa lapar lebih cepat. Roti tawar putih juga rentan bikin perut mulas saat kamu menggunakannya sebagai menu sahur.

Camilan Asin

Banyak konsumsi camilan asin selama berbuka dan sahur akan rentan membuatmu cepat lapar. Ini juga rentan bikin tubuh lemas dan dehidrasi. Camilan asin juga rentan bikin kamu merasa cepat haus. Meski memiliki cita rasa yang menggugah selera, camilan asin seperti keripik tidak bisa menutrisi tubuh secara maksimal. Ini justru bisa berbahaya jika dikonsumsi secara berlebih.

Makanan Cepat Saji

Aneka makanan cepat saji memang lezat dan nikmat. Namun, makanan cepat saji tak cukup baik untuk menutrisi tubuh. Makanan cepat saji justru bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan. Terutama jika ini dikonsumsi secara berlebihan dan terus menerus. Makanan cepat saji yang dikonsumsi saat berpuasa, bisa bikin tubuh makin lemas dan mudah lapar.

Itulah sekian makanan yang bikin makin lapar dan lemas saat berpuasa. Yuk, batasi konsumsi aneka makanan di atas meski kamu sangat menyukainya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading