Sukses

Health

Waspada! Ini 5 Masalah Kesehatan yang Sering Mengintai Setelah Lebaran

Fimela.com, Jakarta Setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadan, bertemu dengan Hari  Raya Idul Fitri adalah kebahagiaan tersendiri bagi setiap umat muslim di dunia. Merayakan lebaran akan dimulai dengan melaksanakan salat ied, kemudian bersilaturakhim dengan sahabat dan mencicipi aneka masakan khas lebaran. Hal inilah yang ditunggu-tunggu oleh hampir sebagian umat muslim. 

Namun sayang, di balik kemeriahan meyarakan Hari Raya atau lebaran, banyak orang yang tidak terkontrol dalam mengonsumsi beragam makanan. Beberapa orang bahkan telah melupakan pola hidup sehat yang dijalaninya. Akibatnya, ia akan lebih mudah mengalami berbagai masalah kesehatan. 

Mengutip dari laman liputan6.com, ada beberapa masalah kesehatan yang mengintai setelah lebaran. Masalah kesehatan ini harus diwaspadai dengan seksama dan jangan sampai menyerangmu ya. Apa saja masalah kesehatan tersebut?

Maag

Masalah kesehatan yang pertama ada maag. Maag sendiri adalah masalah kesehatan yang tekait dengan lambung. Kenapa setelah Hari Raya seseorang rentan mengalami maag? Ini karena, pola makan seseorang bisa saja menjadi lebih buruk saat Lebaran. Tak hanya itu saja, pengaruh makanan yang dikonsumsi selama Lebaran juga meningkatkan risiko maag. Aneka makanan pedas, manis, asam dan minuman tertentu bisa memicu maag.

Diare

Selain maag, masalah kesehatan terkait dengan lambung ada lagi berupa diare. Ini juga menjadi masalah kesehatan yang rentan terjadi setelah Lebaran. Diare disebabkan oleh bakteri atau virus yang terdapat pada makanan atau minuman. Diare bisa menyebabkan seseorang buang air besar lebih dari 3 kali dalam sehari. Ini juga rentan bikin dehidrasi dan tubuh lemas.

Radang Tenggorokan

Masalah kesehatan yang sering terjadi setelah lebaran selanjutnya ada radang teggorokan. Adanya beragam makanan dan minuman yang dikonsumsi saat lebaran, memicu masalah kesehatan satu ini. Konsumsi makanan pedas dan berlemak juga meningkatkan risiko radang tenggorokan. 

ISPA atau Infeksi Saluran Napas

Masalah kesehatan yang cukup sering terjadi setelah lebaran ada ISPA atau infeksi saluran napas. Ini ditandai dengan gejala batuk pilek bahkan sesak napas. ISPA biasa terjadi karena konsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi virus atau kuman, atau juga karena kelelahan dan kurang tidur. ISPA besar kemungkinan juga terjadi akibat penularan virus dari satu orang ke orang lainnya.

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi juga rentan menyerang setelah lebaran. Salah satu penyebab dari tekanan darah tinggi di momen lebaran adalah konsumsi makanan gurih dan asin yang tidak terkontrol. 

Itulah sekian masalah kesehatan yang rentan terjadi saat lebaran. Agar terhindar dari masalah kesehatan di atas, pastikan untuk memiliki pola hidup yang lebih sehat. Pastikan juga untuk memilikki istirahat cukup, tidak banyak pikiran dan pilihlah makanan serta minuman sehat setiap harinya. Selamat merayakan lebaran atau Hari Raya Idul Fitri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading