Sukses

Health

Berat Badan Tak Kunjung Turun Meski Sudah Diet Ketat? Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya

Fimela.com, Jakarta Menjaga berat badan menjadi salah satu perhatian banyak orang, terutama bagi wanita. Meskipun sudah melakukan diet ketat dan rutin berolahraga, berat badan masih tetap saja tidak kunjung turun. Kondisi ini tentu saja sangat menjengkelkan dan dapat membuat seseorang merasa tidak percaya diri.

Dilansir dari Healthline, penyebab berat badan tidak kunjung turun dapat dipengaruhi oleh banyak faktor seperti asupan makanan, tingkat aktivitas fisik, genetika, dan faktor lingkungan. Selain itu, ada juga beberapa penyebab lainnya yang tidak diketahui oleh banyak orang tetapi dapat memengaruhi berat badan.

Berikut ini 5 alasan yang menjadi penyebab mengapa berat badan tidak kunjung turun.

1. Terlalu Banyak Konsumsi Kalori Tersembunyi

Salah satu penyebab mengapa berat badan tidak kunjung turun meskipun sedang dalam program penurunan berat badan adalah konsumsi kalori tersembunyi yang tidak disadari. Banyak makanan yang dianggap sehat, seperti jus buah, smoothie, atau camilan yang terbuat dari bahan-bahan organik, tetapi dapat mengandung kalori yang sangat tinggi. Beberapa minuman lainnya, seperti kopi atau teh dengan gula dan krim, juga bisa menjadi sumber kalori yang tidak disadari.

Kurang tidur dan stres bisa memengaruhi nafsu makan, lho!

Oleh karena itu, kamu perlu teliti dalam mengonsumsi makanan dan minuman dengan cara cek jumlah kalori yang terdapat dalam label nutrisi pada kemasan makanan dan minuman terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Selain itu, hindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula dan lemak jenuh, serta perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan segar.

2. Kurang Tidur

Dilansir dari Mayo Clinic, kurang tidur dapat mempengaruhi metabolisme tubuh dan memicu perubahan hormon yang dapat mempengaruhi nafsu makan. Selain itu, kurang tidur juga dapat membuat tubuh merasa lelah dan kurang bertenaga sehingga dapat menjadi hambatan bagimu ketika berolahraga. Oleh karena itu, selalu pastikan untuk tidur yang cukup dengan durasi 7-8 jam setiap malam dan hindari begadang atau terlalu sering memakai gadget sebelum tidur.

3. Stres

Pengaruh emosional seperti stres dapat memicu pelepasan hormon kortisol yang dapat mempengaruhi nafsu makan dan metabolisme dalam tubuh. Hal ini lah yang juga menjadi penyebab membuat orang cenderung makan berlebihan atau memilih makanan yang tidak sehat. Oleh karena itu, kurangi stres dengan melakukan aktivitas fisik yang merelaksasi pikiran seperti yoga, meditasi, atau berjalan-jalan di taman.

Kondisi medis tertentu

4. Efek Samping Obat

Dilansir dari Harvard Health Publishing, beberapa jenis obat yang diresepkan oleh dokter, seperti obat anti-depresan atau obat penurun kolesterol, dapat mempengaruhi metabolisme dalam tubuh dan membuat berat badan sulit turun. Oleh karena itu, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter apabila kamu sedang menjalani pengobatan tertentu dan jangan sembarang menghentikan pengobatan tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

5. Kondisi medis tertentu

Beberapa kondisi medis tertentu, seperti hipotiroidisme, sindrom ovarium polikistik (PCOS), dan diabetes tipe 2, dapat menjadi penyebab berat badan sulit turun. Apabila kamu sudah melakukan usaha untuk menurunkan berat badan tetapi tidak kunjung berhasil, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah ada kondisi medis tertentu yang mempengaruhi penurunan berat badanmu.

Itulah 5 penyebab berat badan yang tak kunjung turun. Untuk mengatasi masalah ini, sangat penting bagi kamu untuk menjaga pola makan yang sehat, melakukan olahraga secara teratur, mengelola stres, tidur yang cukup, dan jika perlu, berkonsultasi dengan dokter. Tetap semangat dan jangan menyerah dalam upaya menurunkan berat badan ya!

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading