Sukses

Health

5 Tanda Tubuh Kamu Kurang Tidur Selama Ini

Fimela.com, Jakarta Tidur menjadi aktivitas yang penting buat setiap orang. Idealnya, seseorang tidur selama 7 sampai 8 jam setiap harinya. Ketika kamu kurang tidur, tubuh akan memberikan beberapa sinyal tertentu. Saat kamu kekurangan waktu tidur dan terjadi secara terus menerus, ini bisa berdampak buruk buat kesehatan ke depannya. 

Tak hanya berperan besar bagi kesehatan fisik, kurang tidur berpengaruh penting bagi kesehatan psikismu. Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang kurang tidur. Mulai dari lembur kerja, asik bermain ponsel di waktu tidur atau karena memang memiliki kebiasaan begadang. 

Mengutip dari laman bestlifeonline.com, ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa tubuhmu kurang tidur selama ini. Apa saja tandanya?

Kurang Fokus dan Mudah Lupa

Tanda pertama ketika kamu kurang tidur adalah kurang fokus dan mudah lupa. Ketika kamu mendapati diri begitu sulit berpikir dan mudah melupakan hal-hal yang penting sekalipun, ini tandanya kamu kurang tidur. Hal ini juga menandakan bahwa kamu kurang asupan cairan selama ini.

Berat Badan Bertambah Meski Sudah Diet

Apakah kamu pernah mendapati berat badan justru terus bertambah padahal kamu sudah memulai untuk diet? Jika iya, coba cek lagi pola tidurmu selama ini. Studi menemukan jika kurang tidur rentan bikin berat badan naik. Ini karena sistem metabolisme tubuh berantakan ketika waktu tidurmu berantakan atau kurang.

Rentan Stres dan Depresi

Penelitian menemukan jika orang yang kurang tidur dalam hidupnya, akan rentan stres dan depresi. Penelitian menemukan jika ada kaitan yang erat antara gangguan tidur dengan stres atau depresi. Mereka yang kurang tidur, rentan mengalami stres. Sementara itu, stres bisa meningkatkan risiko seseorang kurang tidur.

Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Para ahli juga percaya jika kurang tidur berdampak pada menurunnya sistem kekebalan tubuh. Orang-orang yang kurang tidur, akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Tak heran, jika akhirnya mereka sangat mudah sakit dan tertular berbagai masalah kesehatan dari sekitar.

Kulit Kusam dan Berjerawat

Kurang tidur ditandai dengan kesehatan kulit yang tidak optimal. Mereka yang kekurangan tidur selama ini, rentan memiliki kulit kusam dan berjerawat. Meski begitu, kurang tidur bukan satu-satunya penyebab jerawat. Ada banyak hal lain yang meningkatkan risiko jerawat termasuk gangguan hormon, kebersihan yang buruk dan penggunaan kosmetik yang tidak cocok. 

Itulah sekian tanda bahwa tubuh kurang tidur selama ini. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk, miliki waktu tidur cukup dan berkualitas mulai sekarang. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading