Sukses

Health

5 Hal yang Membuat Diet Gagal

Fimela.com, Jakarta Diet sudah menjadi hal yang umum di kalangan masyarakat karena banyak yang telah menerapkannya. Diet dilakukan setiap orang dengan tujuan yang berbeda-beda seperti untuk menurunkan berat badan atau mengurangi risiko penyakit tertentu. Diet memang memberikan banyak manfaat bagi yang melakukannya, tetapi terkadang banyak orang yang menjadi salah cara dalam melakukan diet.

Melakukan diet tidak hanya mengurangi porsi makan, tetapi juga diimbangi dengan aktivitas fisik seperti olahraga. Selain itu, dalam melakukan diet kamu juga perlu memiliki komitmen yang kuat karena hasil yang diberikan tidak instan, tetapi berproses dan bertahap. Diet dapat dilakukan dengan berbagai cara sehingga setiap orang dapat menyesuaikan sesuai kebutuhannya.

Sama halnya dengan melakukan hal lain, diet juga dapat mengalami kegagalan. Dilansir dari thediabetescouncil.com, terdapat beberapa hal yang dapat membuat kamu gagal dalam melakukan diet:

Jangan menetapkan tujuan yang tidak realistis

Melakukan perubahan terhadap kebiasaan tentu tubuh memerlukan waktu untuk beradaptasi. Oleh karena itu, kamu dapat melakukannya mulai dari perubahan kecil. Dalam melakukan diet juga sebaiknya jangan terlalu memaksakan atau membatasi diri secara ketat. Selain itu, jangan menetapkan jumlah berat badan yang akan diturunkan secara tidak masuk akal dan dalam waktu singkat.

Makan secara berlebihan

Diet membuat tubuh kehilangan nutrisi tertentu. Hal tersebut, terkadang membuat kamu mungkin menjadi makan secara berlebihan. Selain itu, tidak tercukupinya kalori dan karbohidrat dapat membuat kamu juga makan secara berlebihan sehingga sebaiknya dalam melakukan diet, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang mengandung serat, protein, dan lemak baik untuk memberikan rasa kenyang yang lebih lama. 

Terlalu terburu-buru

Perencanaan makan merupakan cara yang harus dilakukan karena perubahan kebiasaan makan membutuhkan banyak waktu sehingga kamu dapat merencanakan makanan yang sehat dengan membaginya dalam porsi yang tepat. Perencanaan makanan juga dapat membuat kamu terhindar dari berbagai penyakit. 

Terlalu fokus pada kalori

Menghitung kalori dapat menjadi salah satu hal yang membebani pikiran dan sulit untuk dilakukan seseorang. Walaupun mengurangi jumlah kalori penting untuk menurunkan berat badan, tetapi kamu juga harus tetap mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang tepat untuk tubuh. Selain itu, kekurangan banyak kalori juga dapat menurunkan energi tubuh. 

Tidak memiliki tujuan yang jelas

Dalam menurunkan badan sebaiknya kamu memiliki tujuan supaya tetap fokus dan konsisten dalam mencapainya. Kamu dapat mencoba menerapkan tujuan SMART yang terdiri dari spesifik, measure atau terukur, achievable atau dapat dicapai, realistis, dan tepat waktu.

Tips untuk menurunkan berat badan

Dilansir dari everydayhealth.com, berikut beberapa tips untuk menurunkan berat badan:

  • Makan secara perlahan dapat memberikan sinyal kenyang lebih baik kepada tubuh.
  • Menikmati makanan yang dikonsumsi. 
  • Membuat jurnal harian untuk membantu mengatasi stres.
  • Jangan melupakan bobot mengangkat beban untuk meningkatkan massa otot.
  • Jangan melewatkan waktu makan.
  • Pastikan tubuh tetap terhidrasi.
  • Mengurangi kalori.Mengatur porsi makan.
  • Mengurangi mengonsumsi makanan olahan.
  • Membatasi makanan yang mengandung karbohidrat glikemik tinggi.
  • Mengonsumsi buah-buahan.
  • Buah-buahan memiliki kalori yang rendah, tetapi mengandung nutrisi seperti antioksidan dan serat.
  • Menetapkan perencanaan makan yang sehat.
  • Memperhatikan label pada makanan untuk mengontrol keseimbangan nutrisi tanpa terlalu banyak mengonsumsi natrium, gula, dan lemak jenuh yang terlalu banyak. 
  • Melakukan sarapan berprotein tinggi seperti dua telur dengan roti gandum.

 

*Penulis: Fani Varensia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading