Sukses

Health

5 Bahaya yang Mengintai karena Sering Melewatkan Waktu Makan

Fimela.com, Jakarta Aktivitas yang terlalu padat, diet, belum masak dan hal lain, sering kali menjadi alasan kenapa seseorang terbiasa telat makan. Padahal nih Sahabat Fimela, risiko dari telat makan yang bisa diremehkan begitu saja. Mengutip dari laman bestlifeonline.com, ada beberapa masalah atau bahaya kesehatan yang mengintai karena kebiasaan melewatkan waktu makan. 

Bahaya ini tak hanya berlaku saat kamu sering melewatkan waktu makan di pagi hari atau sarapan. Tapi juga berlaku pada waktu makan siang dan makan malam. Apa saja bahayanya? Simak yang berikut ini:

Gagal Fokus

Bahaya pertama yang mengintai adalah gagal fokus atau sulitnya berkonsentrasi. Tubuh memerlukan energi dari glukosa (karbohidrat) agar fungsinya berjalan dengan baik dan tepat. Seseorang setidaknya memerlukan asupan makanan di waktu tepat. Karena saat perut kosong selama 4 - 6 jam, ini bisa menyebabkan glukosa yang menuju otak berkurang. Akibatnya, otak jadi rentan gagal fokus dan tidak bisa konsentrasi dengan baik. 

Mudah Lelah

Kebiasaan sering melewatkan makan juga akan membuatmu mudah lelah. Makanan memberi energi pada tubuh. Saat kamu melewatkan makan, energi yang masuk ke tubuh pun akan berkurang. Akibatnya, tubuh mudah lelah dan letih pun lesu.

Meningkatkan Risiko Masalah Pencernaan

Beragam masalah pencernaan seperti naiknya asam lambung, meningkatnya tukak lambung dan maag, rentan menyerang saat kamu memiliki kebiasaan sering melewatkan makan. Asam lambung bersifat mengikis dan berisiko menyebabkan dinding lambung terluka.

Membuatmu Makan Lebih Banyak

Sering melewatkan waktu makan akan membuatmu merasa sangat lapar. Saat kamu merasa sangat lapar, ini rentan membuatmu makan dalam jumlah yang terlalu banyak. Semakin lama perut kosong atau tidak terisi, akan semakin mudah ia merasa lapar. Ini bisa membuat porsi makanmu bertambah lebih banyak.

Menyebabkan Obesitas atau Naiknya Berat Badan

Saat nafsu makan meningkat dan porsi makan lebih banyak, tentu hal ini akan menyebabkan obesitas atau kenaikan berat badan yang signifikan. Dampak dari obesitas sendiri ada beragam mulai dari diabetes, masalah jantung dan masih banyak lagi. 

Itulah sekian bahaya yang mengintai karena kebiasaan sering melewatkan waktu makan. Agar terhindar dari bahaya di atas, pastikan jika kamu makan di waktu tepat dan teratur setiap harinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading