Sukses

Health

5 Penyebab Mengantuk yang Sering Terjadi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Fimela.com, Jakarta Merasa mengantuk adalah hal yang wajar dialami oleh siapa saja. Aktivitas yang padat, sering kali bikin seseorang semakin mudah mengantuk. Apalagi, jika aktivitas tersebut menguras begitu menguras energinya.

Meski mengantuk adalah hal yang wajar, kebiasaan mengantuk yang terjadi terus menerus, ini perlu ditanggapi dengan lebih bijak. Sering mengantuk di pagi, siang, sore dan malam hari, ini bisa menjadi tanda bahwa kondisi kesehatanmu sedang tidak baik-baik saja. Apalagi jika selama ini kamu sudah memiliki waktu istirahat cukup. 

Mengutip dari laman health.com, sering mengantuk bisa mengindikasi adanya masalah kesehatan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beragam hal dalam kehidupan sehari-hari. Adapun penyebab tersebut antaranya adalah sebagai berikut.

Kelelahan Kronis

Ketika kamu mengalami kelelahan kronis, ini akan membuatmu sangat mudah mengantuk. Mengantuk tak hanya terjadi di sore hari, tapi juga di pagi dan siang hari. Selain menyebabkan mengantuk, kelelahan kronis juga menyebabkan seseorang rentan letih, lesu dan mudah lupa. 

Berlebihan dalam Konsumsi Minuman Beralkohol

Kandungan alkohol dalam minuman bisa memicu buruknya kualitas tidur. Konsumsi minuman beralkohol secara terus menerus, akan membuat seseorang memiliki jam biologis yang berantakan. Ini juga berdampak buruk bagi kesehatan mental. Studi menemukan jika penikmat minuman beralkohol biasanya sangat mudah mengantuk terutama di siang hari.

Insomnia

Bagi seseorang yang mengalami insomnia, sudah bisa dipastikan ia memiliki kualitas tidur yang buruk. Tidak bisa tidur di malam hari, rentan membuat orang-orang sering merasa mengantuk di pagi atau siang hari. Insomnia sendiri bisa terjadi karena banyak hal. Salah satunya stres.  

Depresi

Depresi tak hanya bikin kamu merasa lelah sepanjang hari. Ini juga bisa bikin kamu sering mengantuk. Depresi rentan bikin seseorang kurang semangat dalam menjalani hidup. Ketika kondisi ini sudah akut, ini sangat berbahaya bagi kesehatan fisik pun psikis seseorang. 

Sleep Apnea

Sleep apnea merupakan kondisi saat napas berhenti ketika tidur. Sleep apnea memungkinkan seseorang memiliki kualitas tidur yang buruk hingga depresi. Dalam beberapa kasus, sleep apnea meningkatkan risiko kecemasan. Saat seseorang merasa cemas, ia akan susah tidur di malam hari yang gelap dan sepi. Hingga akhirnya, di siang hari ia akan sangat mudah mengantuk. 

Itulah beberapa penyebab mengantuk yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading