Sukses

Health

Sering Lihat Wajah pada Benda Mati? Bisa Jadi Kamu Terkena Pareidolia

Fimela.com, Jakarta Secara tidak sengaja, pernahkah kamu mengidentifikasi sebuah benda mati memiliki wajah? Seperti misalnya melihat awan yang membentuk wajah seseorang atau dua kenop lemari yang diidentifikasi sebagai mata dari seseorang. Bisa jadi kamu terkena Paredolia. Apa itu?

Mengutip Live Science, pareidolia merupakan fenomena psikologis yang membuat seseorang dapat melihat wajah atau mendengar suara yang samar dari benda mati yang ada di sekitarnya. Paredolia menjadi salah satu jenis apophenie yang meerupakan sebuah istilah umum untuk melihat pola dalam acak.

Face paredolia atau pareidolia wajah menjadi jenis yang paling sering dialami oleh seseorang. Di mana kondisi ini sebenarnya menjelaskan bagaimana otak dan manusia terhubung. Dalam sebuah penelitian di Australia menunjukkan bahwa manusia memproses wajah-wajah imajiner ini menggunakan mekanisme visual otak. Proses yang sama ketika memproses wajah-wajah nyata.

 

Dialami oleh semua orang

Lantas, normalkah hal tersebut? Menurut makalah yang diterbitkan di jurnal Psychological Science, sangat umum jika seseorang melihat wajah dalam benda sehari-hari. Ini berkaitan dengan cara orang mempersepsikan wajah. Meski wajah setiap orang itu unik, namun terdapat beberapa fitur umum yang dimiliki oleh semuanya, seperti mata dan mulut.

"Pola dasar fitur yang mendefinisikan wajah manusia ini adalah sesuatu yang sangat selaras dengan otak kita, dan kemungkinan akan menarik perhatian kita terhadap objek pareidolia," kata dr. Colin Palmer dari UNSW Science's School of Psychology.

 

Berbahayakah?

Meski pareidolia diidentifikasi sebagai semacam ilusi visual, apakah dapat berbahaya bagi kesehatan mental? Jawabannya tidak selalu. Dalam kondisi normal, pareidolia bisa dialami oleh siapa saja. Namun beberapa kasus pareidolia dapat menjadi gejala dari adanya penyakit tertentu, seperti pikun maupun parkinson.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading