Sukses

Health

5 Makanan yang Memicu Masalah Pencernaan

Fimela.com, Jakarta Bagi orang yang memiliki riwayat masalah pencernaan, mengonsumsi beberapa makanan bisa memicu masalah. Namun sebagian orang lainnya pun harus cermat dalam memilih makanan. Bila dikonsumsi sembarangan, maka dapat memicu maag hingga gas lambung.

Apalagi saat perut kosong, makanan di bawah ini dapat memicu masalah pencernaan. Berikut daftar makanannya melansir dari Eat This Not That.

1. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng umumnya akan menumpuk minyak yang pada akhirnya ikut dikonsumsi. Makanan yang digoreng memiliki kandungan lemak tinggi yang berpotensi menyebabkan sakit perut dan diare. Lebih baik mengurangi makanan yang digoreng. Cara lain bisa dengan menggorengnya menggunakan sedikit minyak, beralih pada memanggang, kukus, atau rebus.

2. Buah-buahan Asam

Buah asam seperti jeruk, lemon, dan limau dapat menyebabkan mulas. Meski mengandung banyak vitamin C, mengonsumsi buah asam harus diperhatikan. Batasi jumlah konsumsi per hari dan jangan biarkan perut kosong sebelum memakan buah asam.

3. Kacang-kacangan

Oligosakarida pada kacang merupakan serat yang tidak dapat dicerna dan difermentasikan. Serat ini dapat memicu gas lambung dan kembung. Meskipun kacang baik untuk kesehatan usus, proses penyerapan nutrisi pada kacang menyebabkan penumpukan gas pada lambung. Cara mengatasinya adalah dengan merendam kacang kering selama 4 jam sebelum dimasak untuk meminimalkan gas.

4. Brokoli, Kangkung, dan Sawi Hijau

Tiga jenis sayur ini termasuk pada persilangan beberapa jenis sayuran dan termasuk pada kelompok kubis. Brokoli, kangkung, dan sawi hijau mengandung gula yang dapat menyebabkan gas lambung dan perut kembung. Apalagi bila dikonsumsi dalam kondisi mentah, kandungan serat tinggi membuat beberapa orang sulit untuk mencerna. Solusinya adalah dengan memasaknya hingga matang untuk mengurangi kandungan gas.

5. Cabai

Cabai tentu sudah tak asing bila disebut sebagai makanan yang memicu masalah pencernaan. Makanan pedas yang mengandung cabai menyebabkan rasa mulas bahkan memicu kambuhnya maag. Asam lambung akan lebih mudah naik bila mengonsumsi makanan pedas.

Jaga kesehatan pencernaan demi kesehatan dan kenyamanan tubuh. Makanan di atas masih dapat dikonsumsi bila dimakan dalam jumlah secukupnya dan perut tidak dalam keadaan kosong.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading