Sukses

Health

5 Tips Mengurangi Stres Selama Kehamilan yang Penting Diketahui

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan merupakan momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Ada perasaan bahagia, terharu, cemas dan khawatir di waktu yang sama. Saat hamil, perempuan sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik pun psikisnya. Adanya masalah kesehatan sedikit saja, bisa berdampak buruk pada tubuh Mom pun tumbuh kembang janin di kandungan. 

Selain harus lebih memerhatikan pola hidup yang lebih sehat, selama kehamilan Mom juga harus lebih memerhatikan suasana hati dan mengelola stres dengan baik. Perubahan hormon saat hamil, memang kerap bikin stres meningkat. Namun tingkat stres ini harus dikurangi semaksimal mungkin. Adapun cara untuk mengurangi stres antara lain sebagai berikut.

Miliki Pola Hidup Sehat

Tips pertama dan utama dalam mengurangi stres selama kehamilan adalah memiliki pola hidup sehat. Mengutip dari laman healthline.com, pola hidup sehat termasuk memilih makanan terbaik bernutrisi tinggi, tidur cukup dan olahraga, bisa mengurangi tingkat stres. Tak hanya stres selama hamil, pola hidup sehat bisa mengurangi stres dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak Bersyukur

Banyak-banyak bersyukur atas apa yang kamu miliki selama ini, akan membuatmu lebih bahagia. Ini juga akan membuatmu terhindar dari risiko stres selama kehamilan. Tak mudah memang untuk bersyukur, tapi bukan berarti kamu tak bisa melakukannya. Mulai dengan syukuri hal-hal kecil yang kamu miliki. Perlakukan hal kecil tersebut sebaik mungkin seolah hal itu adalah hal yang besar dan patut dijaga sepenuh hati. 

Minta Dukungan Orang Terdekat

Dukungan dari orang terdekat, adalah kunci utama kebahagiaan ibu hamil. Suami yang siap siaga, penuh kasih sayang dan mengerti Mom dengan baik, akan membuat Mom merasa lebih bahagia saat hamil. Mom pun bisa terhindar dari risiko stres pun situasi yang kurang menyenangkan perasaan. Tak hanya suami, dukungan orangtua, mertua dan sanak saudara memiliki peran yang tak kalah penting. 

Lakukan Relaksasi

Relaksasi seperti yoga atau jalan kaki di pagi hari yang segar, akan membuatmu merasa lebih bahagia selama kehamilan. Relaksasi akan membantumu merasa semakin tenang, nyaman dan penuh kedamaian. Mendengarkan musik klasik, juga sebagai salah satu bentuk relaksasi. 

Konsultasi dengan Ahli Kesehatan

Usahakan untuk rutin memeriksakan kandungan pada ahli kesehatan. Konsultasikan apapun yang kamu keluhkan dan ingin perbaiki. Minta saran juga bagaimana untuk menjaga kehamilan dengan lebih bahagia, nyaman dan tenang. 

Itulah sekian tips untuk mengurangi stres selama kehamilan. Bahagia tidaknya kamu, itu tergantung pada dirimu sendiri. Pikiran yang positif, akan membantumu merasa lebih bahagia dan nyaman. Sebaliknya, pikiran negatif rentan bikin kamu makin stres bahkan depresi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading