Sukses

Health

5 Penyebab Sendi Lutut Sakit yang Bikin Tak Nyaman Untuk Beraktivitas

Fimela.com, Jakarta Sendi lutut adalah salah satu bagian penting dalam organ tubuh yang mampu mengatur gerakan kaki dan membantu menopang beban tubuh. Ketika terasa sakit di bagian sendi lutut pasti rasanya sangatĀ tidak nyaman dan jadi kesulitan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Sendi lutut yang terasa sakit bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Bisa dikarenakan suatu penyakit atau kebiasaan sehari-hari. Misalnya seperti mengangkat beban terlalu berat atauĀ terlalu sering olahraga.

Namun sendi lutut yang sakit bisa disebabkan oleh berbagai hal. Berikut berbagai penyebab sendi lutut sakit yang harus kamu ketahui.

1. Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah inflamasi atau peradangan pada tulang rawan di persendian lutut. Kondisi ini biasanya terjadi karena faktor usia dan penggunaan sendi lutut secara berlebihan, seperti mengangkat beban berat atau karena kelebihan berat badan.

2. Rheumatoid Arthritis

Kondisi ini ditandai dengan peradangan pada sendi akibat penyakit autoimun yang dapat merusak hampir semua persendian dalam tubuh, termasuk sendi lutut. Gejalanya meliputi kekakuan, pembengkakan, dan nyeri hebat pada sendi. Rheumatoid arthritis juga dapat merusak organ lain seperti kulit, mata, paru-paru, jantung, dan pembuluh darah.

3. Gout Arthritis

Gout arthritis menyebabkan peradangan pada sendi, termasuk sendi lutut. Kondisi ini terjadi akibat penumpukan kristal asam urat. Gout arthritis sering kali menimbulkan gejala pembengkakan, kemerahan, dan nyeri pada sendi.

4. Septic Arthritis

Penyebab lain dari rasa sakit pada lutut adalah arthritis septik, yang merupakan peradangan sendi yang disebabkan oleh infeksi. Biasanya, kondisi ini terjadi ketika infeksi bakteri dari organ lain menyebar melalui aliran darah dan mencapai sendi. Gejala arthritis septik meliputi demam, nyeri sendi, dan pembengkakan pada sendi.

5. Cedera pada Lutut

Salah satu jenis cedera yang umum pada lutut adalah cedera ligamen anterior. Kondisi ini terjadi ketika ligamen anterior, yaitu jaringan yang menghubungkan tulang paha dan tulang yang berfungsi untuk menjaga stabilitas lutut, mengalami robek atau kerusakan.

Ligamen anterior dapat sobek akibat benturan tiba-tiba dengan benda keras pada kaki atau lutut, atau saat terjadi perubahan gerakan yang mendadak pada lutut, seperti rotasi sendi lutut secara tiba-tiba.

Kamu bisa meredakan nyeri sendi lutut dengan mengompres lutut menggunakan es yang dibalut handuk. Tempelkan pada lutut yang sakit selama 10ā€“15 menit dan ulangi beberapa kali. Konsumsi obat penghilang nyeri, sepertiĀ paracetamolĀ atau ibuprofen, juga dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri di lutut.

Namun kalau berbagai cara di atas tidak efektif mengatasi sakit pada lutut atau justru kian memburuk, segera periksakan diri keĀ dokterĀ guna mendapatkan pengobatan yang tepat dan sesuai penyebab lutut sakit yang kamu alami.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading