Sukses

Health

4 Penyakit yang Dapat Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Mungkin hal ini jarang sekali kita sadari. Kolesterol tinggi tidak selalu disebabkan oleh pola makan yang buruk atau gaya hidup yang tidak sehat saja. Beberapa penyakit tertentu juga dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi.

Pertama-tama, penting untuk berkonsultasi dengan dokteruntuk merencanakan perawatan yang sesuai. Dokter dapat melakukan pemeriksaan dan memberikan saran tentang perubahan diet, gaya hidup, atau obat-obatan yang mungkin diperlukan. Sehingga Sahabat Fimela dapat menghindari penyebab-penyebab sakit yang berisiko meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Dalam beberapa kasus, obat-obatan seperti statin atau fibrat mungkin diperlukan untuk mengontrol kadar kolesterol yang tinggi. Biasanya dokter akan meresepkan obat yang sesuai sesuai dengan kondisi medismu. Yuk ketahui penyakit yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi berikut ini:

Jenis Penyakit Penyebab Kolesterol Tinggi

1. Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah penyakit kronis yang memengaruhi cara tubuh mengatur gula darah. Orang dengan diabetes tipe 2 sering kali memiliki masalah dengan metabolisme lemak, yang dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan penurunan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Resistensi insulin, yang biasa terjadi pada diabetes tipe 2, juga dapat memengaruhi cara tubuh mengatur kolesterol.

2. Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS)

PCOS adalah kondisi hormonal yang memengaruhi wanita dan seringkali menyebabkan gangguan menstruasi, pertumbuhan rambut berlebih, dan masalah kesuburan. Orang dengan PCOS cenderung memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi, terutama kolesterol LDL. Kondisi ini dapat mengarah pada masalah kesehatan jantung jika tidak dikelola dengan baik.

Jenis Penyakit Penyebab Kolesterol Tinggi

3. Penyakit Ginjal Kronis

Penyakit ginjal kronis dapat menyebabkan masalah dalam pemrosesan zat-zat dalam tubuh, termasuk kolesterol. Pada tahap lanjut penyakit ginjal, tubuh mungkin kesulitan mengeluarkan kolesterol berlebih, yang dapat mengakibatkan peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

4. Obesitas

Obesitas adalah faktor risiko utama untuk kolesterol tinggi. Orang yang obesitas cenderung memiliki kadar kolesterol LDL yang lebih tinggi dan kadar kolesterol HDL yang lebih rendah. Obesitas juga dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk memproses lemak dengan efisien.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading