Sukses

Health

6 Gejala Darah Tinggi yang Berpengaruh Terhadap Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Darah tinggi dan kolesterol adalah salah satu aspek penting dalam pengelolaan risiko penyakit jantung. Darah tinggi dapat memengaruhi kadar kolesterol, dan sebaliknya, kolesterol yang tinggi dapat memperburuk hipertensi. Untuk itu, sangat penting melakukan cek kesehatan rutin pada dokter.

Kolesterol LDL adalah jenis kolesterol yang mengangkut kolesterol dari hati ke seluruh tubuh. Ketika kadar kolesterol LDL dalam darah tinggi, partikel-partikelnya cenderung menempel pada dinding arteri dan akhirnya membentuk plak. Plak ini dapat menyebabkan penyumbatan arteri, yang merupakan salah satu penyebab umum serangan jantung dan stroke.

Darah tinggi dapat memengaruhi kadar kolesterol dalam beberapa cara seperti kerusakan pada endotel, lapisan dalam arteri yang membantu mengatur tekanan darah dan menjaga arteri tetap sehat. Darah tinggi juga mengurangi kadar kolesterol HDL dan dapat mempercepat pembentukan plak aterosklerotik. Berikut gejala darah tinggi yang dapat berpengaruh pada kolesterol:

Gejala Darah Tinggi

1. Sakit Kepala

Salah satu gejala darah tinggi yang umum adalah sakit kepala. Saat tekanan darah meningkat, ini dapat memengaruhi aliran darah ke otak dan menyebabkan sakit kepala.

2. Mati Rasa atau Kesemutan

Hipertensi yang tidak terkontrol dapat merusak pembuluh darah kecil dalam tubuh. Ini dapat mengakibatkan mati rasa atau kesemutan pada tangan dan kaki.

3. Nyeri Dada

Darah tinggi dapat menyebabkan tekanan tambahan pada jantung, yang dapat mengakibatkan nyeri dada atau angina. Angina adalah tanda bahwa jantung mungkin tidak mendapatkan cukup oksigen karena penyumbatan arteri.

Gejala Darah Tinggi

4. Penglihatan Kabur

Tingkat tekanan darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah di mata, menyebabkan penglihatan kabur atau bahkan kehilangan penglihatan.

5. Kebingungan atau Masalah Kognitif

Hipertensi yang tidak terkontrol juga dapat berdampak pada otak dan menyebabkan kebingungan atau masalah kognitif.

6. Meningkatnya Kolesterol

Salah satu efek hipertensi yang sering diabaikan adalah peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Terutama, hipertensi dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan penurunan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik), yang meningkatkan risiko aterosklerosis.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading