Sukses

Health

Tips Diet Sehat Tanpa Nasi dengan Karbohidrat Kompleks

Fimela.com, Jakarta Saat menerapkan diet sehat, beberapa orang memutuskan untuk tidak mengonsumsi nasi atau mengganti nasi dengan makanan lainnya untuk tetap memenuhi asupan karbohidrat. Jelas saja, hal ini karena banyak orang yang menghindari konsumsi karbohidrat dengan alasan takut gemuk. Padahal, karbohidrat adalah sumber energi yang tak boleh dilewatkan.

Jenis makanan karbohidrat tidak terbatas hanya pada nasi saja. Saat sedang diet atau ingin menurunkan berat badan, lebih tepat untuk memilih sumber karbohidrat yang mengandung serat tinggi. Jadi, walaupun ingin menghindari nasi, kamu tetap memerlukan sumber karbohidrat lainnya.

Makanan pengganti nasi untuk diet juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Mengonsumsi karbohidrat dengan serat tinggi atau juga biasa disebut dengan karbohidrat kompleks dapat bertahan dalam tubuh lebih lama karena mereka lebih sulit untuk dicerna tubuh.

Untuk itu, berikut Fimela.com akan mengulas tips diet sehat tanpa nasi dengan karbohidrat kompleks. Ulasan ini akan membantu kamu dalam menerapkan pola diet sehat tanpa nasi yang tetap aman dan tidak membahayakan kesehatan tubuh. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Mengonsumsi Kentang

Tips diet sehat tanpa nasi yang pertama ialah dengan mengonsumsi kentang. Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang mungkin sudah banyak diketahui. Mungkin kamu sering memakan kentang sebagai lauk, tetapi sebenarnya kentang bisa dijadikan makanan utama juga.

Bagi kamu yang sedang diet, mungkin kamu bisa mengganti nasi dengan kentang. Kentang memiliki kandungan pati resisten (pati yang tidak dapat tercerna), sehingga bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

Namun, jangan menggoreng kentang karena ini akan menambah asupan lemak, yang justru dapat menyumbang kenaikan berat badan, sehingga menggagalkan diet kamu. Kamu bisa memasak kentang dengan cara dikukus atau direbus.

Mengonsumsi Ubi Jalar

Selain itu, ubi jalar juga bisa dijadikan makanan pengganti nasi untuk pola diet sehat. Ubi jalar memiliki manfaat kesehatan yang berlimpah. Satu ubi jalar berukuran sedang mengandung 100 gram kalori, 25 gram karbohidrat sehat, bahkan kadar vitamin A dengan jumlah 6 kali lipat dari kebutuhan harian kamu.

Tak hanya itu, kandungan serat di dalam ubi jalar juga dapat menyehatkan jantung serta membantu menurunkan risiko diabetes karena mengatur pelepasan insulin dan glukosa dalam tubuh. Jika kamu menderita diabetes, konsumsi ubi jalar dapat membantu mencegah lonjakan gula secara drastis.

Mengonsumsi Jagung

Tips diet sehat tanpa nasi yang kedua ialah dengan mengonsumsi jagung. Jagung tentunya bukanlah makanan asing di Indonesia, bahkan beberapa daerah menjadikan jagung sebagai makanan utamanya.

Dalam 100 gram biji jagung terdapat 86 kalori dan berbagai jenis vitamin B, seperti B1, B3, B5, dan B9 atau folat. Bahkan, kandungan vitamin B dalam jagung sudah memenuhi 10%-19% nilai harian yang harus dikonsumsi.

Makanan pengganti nasi untuk diet ini juga mengandung serat, magnesium, fosfor, dan vitamin C yang penting untuk tubuh. Bahkan, serat pada jagung dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengatasi susah buang air besar.

Mengonsumsi Oatmeal

Oatmeal juga merupakan makanan pengganti nasi untuk diet sehat yang bisa kamu pilih. Serat dalam oatmeal dapat membantu kamu agar kenyang lebih lama, membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga dapat mengontrol kadar gula darah.

Namun, biasanya kamu memakan oatmeal dengan ditemani oleh makanan lain. Hal inilah yang harus diperhatikan karena terkadang makanan yang ditambahkan ke dalam oatmeal justru memiliki lebih banyak kalori dan gula dibandingkan oatmeal itu sendiri.

Mengonsumsi Brokoli

Brokoli juga bisa dicincang dan diolah seperti nasi. Serat di dalam brokoli baik untuk mereka yang sedang berdiet. Menyantap brokoli akan membuat perut cepat kenyang. Sayuran ini juga rendah kalori sehingga sangat cocok menjadi makanan pengganti nasi untuk diet.

Vitamin C dan dan kalsium di dalam brokoli akan membantu melancarkan metabolisme tubuh. Brokoli dipecah di dalam lambung menjadi sejumlah senyawa. Salah satunya adalah indolocarbazole atau ICZ. ICZ mengaktifkan senyawa lain yang disebut reseptor aril hidrokarbon atau AHR) yang bertugas menjaga kelancaran fungsi cerna usus.

Itulah beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks untuk membantu pola diet sehat tanpa nasi yang bisa kamu coba, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading