Sukses

Health

3 Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet Sehat, Bantu Turunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Manfaat jeruk nipis ternyata begitu banyak. Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang kerap ditemui di berbagai daerah. Buah ini kaya akan vitamin C dan air. Selain sebagai pelengkap masakan, jeruk nipis juga memiliki banyak manfaat.

Salah satu manfaat jeruk nipis yaitu untuk penurunan berat badan atau diet. Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang bermanfaat dapat meningkatkan metabolisme untuk membakar kalori lebih banyak dan membantu mengurangi lemak di tubuh.

Meski demikian, jeruk nipis memiliki manfaat lainnya untuk diet. Dirangkum dari Merdeka.com, berikut Fimela.com akan mengulas 3 manfaat jeruk nipis untuk diet sehat, bantu turunkan berat badan. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Alasan Mengapa Jeruk Nipis dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Dilansir dari Merdeka.com, sebuah studi yang dipublikasikan Nutrition and Metabolism tahun 2006 menunjukkan bahwa vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis memiliki peranan penting karena selain dapat mendongkrak imun tubuh, nutrisi ini juga dapat membakar lemak ketika seseorang sedang berolahraga.

Selain dapat membantu proses detoksifikasi, jeruk nipis juga dapat membersihkan liver dan memurnikan darah. Bahkan, jeruk nipis juga dapat memberi sifat alkali atau basa dalam tubuh.

Mengonsumsi jeruk nipis tanpa diimbangi dengan pola hidup sehat, tidak akan mampu membantu menurunkan berat badan. Selain mengonsumsi jeruk nipis, kamu juga harus mengimbangi dengan menjaga pola makan, rajin berolahraga serta tidak membiarkan diri stres. Hal ini karena tidak ada makanan atau minuman yang apabila dikonsumsi sendirian dapat menurunkan berat badan.

Setelah mengetahui kandungan dalam jeruk nipis, berikut ini manfaat-manfaat jeruk nipis untuk diet yang perlu kamu ketahui.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet Sehat

1. Memaksimalkan Pembakaran Lemak

Manfaat jeruk nipis yang pertama yaitu dapat memaksimalkan pembakaran lemak. Jeruk nipis kaya akan kandungan antioksidan, asam sitrat dan vitamin C.

Dilansir dari Hellosehat, sebuah penelitian pada Journal of the American College of Nutrition tahun 2005 menunjukkan bahwa zat-zat yang terkandung dalam jeruk nipis dapat membakar lemak hingga 30 persen lebih banyak ketika sedang beraktivitas dan berolahraga. Hal ini dikarenakan kandungan dalam jeruk nipis dapat mempercepat sistem metabolisme tubuh.

2. Membantu Melancarkan Pencernaan

Apabila kamu memiliki masalah pencernaan, cobalah untuk mengonsumsi air jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid yang bermanfaat bagi tubuh. Senyawa tersebut dapat meningkatkan produksi enzim yang dibutuhkan tubuh untuk mengurai makanan.

Kandungan flavonoid dalam jeruk nipis dapat membantu melancarkan pencernaan. Dengan begitu, tubuh tidak akan menimbun terlalu banyak sisa racun dan makanan. Timbunan zat-zat dari sisa makan dapat membuat pinggang dan perut melebar sehingga akan membuat seseorang terlihat lebih gemuk.

3. Menunda Rasa Lapar

Mengonsumsi jeruk nipis dapat membantu program diet. Hal ini dikarenakan jeruk nipis menawarkan kandungan serat larut air dan serat tak larut.

Kedua serat tersebut dapat membantu kamu merasa kenyang tanpa kalori yang berlebihan. Seperti diketahui sebelumnya bahwa mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kayak akan serat dapat membantu merasa kenyang lebih lama.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Selain Kulit Kering berikut 8 Penyebab Gatal Seluruh Badan
Artikel Selanjutnya
Kenali Penyebab Papiloma dan Gejalanya yang Harus Kamu Tahu