Sukses

Food

5 Menu Makanan Diet Sehat yang Enak dan Praktis, Bisa Dibuat di Rumah

 

Fimela.com, Jakarta Bagi orang-orang yang sedang menjalankan program diet sehat, mencari referensi berbagai menu makanan diet sehat tentu menjadi kegiatan yang rutin dilakukan. Terlebih lagi untuk orang-orang yang sudah terbiasa melakukan meal prepare, yaitu menyiapkan segala macam bahan makanan yang akan diolah keesokan harinya.

Selain dapat mempersingkat waktu, kegiatan memasak sehari-hari pun lebih mudah jika semua bahan telah tersedia. Lebih dari itu, mencari berbagai rekomendasi menu makanan diet sehat menjadi salah satu cara agar konsumsi asupan sehari-hari lebih variatif.

Bukan hanya itu, melalui cara ini, asupan kalori dalam konsumsi makanan sehari-hari juga dapat terkontrol dengan baik. Sehingga, program diet sehat dapat dilakukan dengan lancar dan terhindar dari perasaan bosan.

Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet sehat, bisa mencoba beberapa menu makanan diet sehat berikut. Beberapa menu berikut bisa dikreasikan dengan berbagai bahan makanan sehat dan rendah kalori yang dimiliki. Dilansir dari Liputan6.com, berikut beberapa menu makanan diet sehat yang enak dan praktis, bisa dibuat di rumah.

Bircher Muesli

Bircher adalah campuran gandum, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang telah direndam dalam air atau susu semalam. Merendam bahan membantu membuatnya lebih mudah dicerna, yang berarti nutrisi lebih mudah diserap oleh tubuh.

Makanan ini tidak hanya makanan diet yang baik, tetapi juga kaya akan karbohidrat kompleks, protein, dan serat yang sehat. Cara membuatnya, yakni satukan bahan seperti gandum, kismis, kayu manis, kacang-kacangan, dan saus apel, tambahkan susu atau air rendah lemak.

Lalu, dalam campuran tersebut masukkan beberapa apel parut. Kemudian, masukkan bahan ke dalam stoples kaca, tutup dan dinginkan selama lima hari.

Kaldu Tulang

Kaldu tulang mengadung amino penting yang disebut glutamin yang berperan utama dalam memulihkan lapisan usus yang rusak. Makanan ini juga kaya vitamin A, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, dan lainnya

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sajian ini hanyalah tulang berkualitas tinggi dari ayam panggang atau daging sapi dan beberapa sayuran. Cara membuatnya siapkan panci dan tuangkan air yang telah disaring.

Lalu, masukkan tulang dan sedikit cuka sari apel untuk membantu melepaskan nutrisi dalam tulang. Tambahkan sayuran seperti wortel, bawang bombay, dan peterseli untuk menambah rasa dan nutrisi. Didihkan kaldu, dan kecilkan hingga matang.

Pancake Keto

Makanan ini dapat menggantikan karbohidrat dan lemak dengan protein yang membantu mengurangi tingkat 'hormon kelaparan' yang di alirkan darah. Pancake keto membantu mengurangi rasa lapar dan menghasilkan sedikit kalori yang dimakan sepanjang hari.

Cara membuatnya mungkin sama membuat pancake pada umumnya. Namun, pancake keto bisa dibuat dengan bubuk protein dan susu kacang.

Caranya dengan gabungkan bubuk protein, telur, air atau susu dan baking powder, campurkan semua bahan dan kocok. Setelah dikocok, masak dalam wajan seperti memasak pancake pada umumnya.

Puding Chia Seed

Sajian ini kaya protein dan serat dan hanya memakan dua sendok biji chia yang mengandung 10 gram serat atau sekitar 40 persen dari asupan harian yang rekomendasikan. Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi serat dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. Biji chia juga membantu mengurangi peradangan, yang dikaitkan dengan penambahan berat badan dan obesitas.

Caranya buatnya cukup mudah dengan campurkan chia seed dan susu rendah lemak, lalu tutup dan dinginkan semalam. Jangan lupa tambahkan buah manis sesuai selera dan sajikan dengan blueberry di atas. Puding chia seed dapat disimpan di lemari es dalam wadah kedap udara hingga seminggu.

Kimchi

Sajian khas Korea ini memiliki sejumlah besar manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa makan kimchi segar dapat membantu mengurangi lemak tubuh dan indeks massa tubuh secara keseluruhan.

Kimchi mengandung rendah kalori dan tinggi serat yang memiliki sumber nutrisi yang kuat untuk mirkrobioma pada usus. Cara membuat kimchi dengan proses fermentasi cukup potong kubis besar dan beri garam.

Bilas dan tiriskan kubis cincang, buat bumbu halus, dan kombinasikan dengan sayuran lainnya. Gunakan air garam asin untuk membunuh bakteri berbahaya, sedangkan tahap fermentasi memungkinkan bakteri Lactobacillus (bakteri baik) mengubah gula menjadi asam laktat.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Rekomendasi Buku Ensiklopedia untuk Anak yang Wajib di Baca
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Karang Gigi Menumpuk yang Sulit Dibersihkan