Sukses

Health

5 Makanan Penyebab Gigi Berlubang yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Makanan yang kamu konsumsi sehari-hari bisa sangat menentukan kesehatan tubuhmu, untuk itu kamu perlu memerhatikan apa saja yang kamu konsumsi. Jenis makanan yang kamu pilih ini bisa sangat berpengaruh baik dalam jangka panjang maupun pendek.

Salah satu bagian tubuh yang paling terpengaruh dengan jenis makanan ini adalah gigi. Fungsi untuk mengunyah makanan atau minuman menjadikan bagian tubuh tersebut kerap bersentuhan langsung dan menimbulkan masalah.

Beberapa jenis makanan dan minuman tertentu bisa menimbulkan plak pada gigi. Hal ini lah yang bisa sangat mempengaruhi makanan dan minuman yang kamu konsumsi terhadap kondisi kesehatan gigi. Plak merupakan lapisan yang menempel pada gigi dan dipenuhi oleh bakteri dan bisa menyebabkan masalah gusi serta gigi berlubang yang dialami oleh seseorang.

Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 makanan penyebab gigi berlubang yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Permen Asam

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, plak dan karang gigi merupakan penyakit yang paling umum dialami oleh mereka yang berusia antara 6 hingga 19 tahun. Untuk mencegahnya, lebih baik hindari makanan yang memiliki kandungan asam sangat kuat untuk gigimu. Jenis makanan ini tak hanya menyebabkan gigi berlubang saja, sifatnya yang bisa dikunyah membuatnya lebih sulit dihilangkan dari gigi.

2. Minuman Beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol merupakan hal yang sangat merugikan kesehatan seseorang karena sejumlah alasan. Minuman ini juga mampu membuat mulut menjadi kering.

Ketika mulut kering, maka kurang adanya air liur, komponen yang membuat mulut tetap sehat karena mampu membuat makanan tidak menempel ke gigi. Air liur ini juga mampu mengatasi masalah gusi, infeksi mulut, serta gigi berlubang. Membuat mulut kering hanya menyebabkan peluang gigi berlubang semakin besar.

Es Batu

Walaupun pada dasarnya es terbuat dari air putih, namun hal ini juga bisa menyakiti gigi. Menurut American Dental Association, kebiasaan mengunyah sesuatu yang keras membuatmu lebih rentan mengalami masalah pada gigi. Mengunyah es ini bisa merusak email dan berujung pada rusaknya gigi.

4. Roti

Mengonsumsi roti ternyata juga bisa menimbulkan efek buruk pada gigi. Ketika kamu mengunyah roti, air liur cenderung mencerna adonan tepung menjadi gula. Kemudian hal ini diubah menjadi kandungan yang kenyal dan berbentuk seperti pasta sehingga menempel di gigi. Hal ini bisa menimbulkan masalah karang gigi yang dapat menimbulkan dampak berupa gigi berlubang.

Sejumlah bahan makanan tersebut bisa menyebabkan kamu mengalami gigi berlubang. Usahakan untuk menghindari atau mencegah konsumsi sejumlah makanan dan minuman tersebut demi kesehatan gigimu.

Minuman Bersoda

Minuman bersoda memiliki kandungan asam yang cukup tinggi yang membuat erosi pada gigi. Jika tidak dihindari, bakal merusak lapisan gigi yang menyebabkan gigi berlubang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading