Sukses

Health

Selain Tangkal Gula Darah dan Darah Tinggi, Daun Pandan Juga Punya Berbagai Khasiat 'Ajaib'

Fimela.com, Jakarta Daun pandan tak hanya bermanfaat dalam bidang kuliner. Biasanya daun pandan menjadi bahan pewarna alami dan memberikan aroma khas pada berbagai hidangan. Akan tetapi, daun pandan juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Dalam berbagai penelitian, daun pandan mengandung senyawa aktif yang dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satu manfaat utama dari daun pandan adalah kemampuannya dalam mengatasi masalah gula darah. Senyawa-senyawa dalam daun pandan dapat membantu mengontrol kadar gula darah. 

Tak hanya mengatasi masalah gula darah, daun pandan juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan, manfaat lain dari daun pandan untuk kesehatan juga masih berlimpah.

Berikut adalah manfaat daun pandan bagi kesehatan, dirangkum dari berbagai sumber pada Jumat (29/12/2023).

Menurunkan Darah Tinggi

Daun pandan mengandung flavonoid yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi. Flavonoid akan berperan melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif dan peradangan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil

Senyawa flavonoid yang terkandung dalam daun pandan juga berperan dalam mengontrol kadar gula darah. Senyawa tersebut bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan membuat glukosa terserap lebih lambat sehingga kadar gula darah akan terjaga kestabilannya. 

Meredakan Nyeri Sendi

Daun pandan bermanfaat juga dalam meredakan nyeri sendi. Penggunaan daun pandan sebagai pereda nyeri dapat dilakukan dengan mengompres area yang nyeri atau pun dapat diolah menjadi teh.

Merawat Kulit

Sifat antibakteri dan antijamur yang dimiliki daun pandan efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti eksim, jerawat, dan infeksi jamur. Selain itu, daun pandan memang sudah digunakan untuk merawat kulit secara tradisional. 

Daun pandan dengan kandungan senyawa alkaloid dan flavonoidnya bisa membantu mengurangi infeksi dan peradangan pada kulit.

Mengatasi Diare

Daun pandan juga dapat menjadi obat diare karena daun ini mengandung tanin yang bersifat antidiare. Cara mengolahnya sebagai obat diare juga sangat mudah, cukup rebus beberapa helai daun pandan dengan air dan minum air rebusan tersebut.

Daun Pandan Gunanya untuk Apa?

Daun pandan dikenal karena aroma khasnya dan sering digunakan sebagai pewarna alami pada berbagai jenis masakan. Selain itu, daun pandan juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, mulai dari mengurangi ketidaknyamanan pada sendi hingga mencegah penyakit kanker.

Apa Manfaat Daun Pandan untuk Makanan?

Dalam dunia kuliner, daun pandan memiliki berbagai manfaat. Selain digunakan sebagai pewarna makanan alami, daun pandan juga berperan sebagai penyedap alami, pengusir serangga, bungkus makanan, dan bahkan dapat dimanfaatkan dalam aromaterapi.

Daun Pandan Rasanya Apa?

Aroma harum dari daun pandan sering menjadi favorit di kalangan masyarakat. Selain itu, daun pandan juga memiliki rasa manis. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading