Sukses

Health

4 Cara Mengonsumsi Tanaman Obat untuk Menurunkan Kolesterol Jahat dengan Cepat

Fimela.com, Jakarta Tanaman obat telah lama digunakan sebagai cara alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah kolesterol jahat. Salah satu manfaat dari tanaman obat adalah kemampuannya untuk melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh. Tanaman obat seperti jahe, kunyit, dan alpukat telah terbukti memiliki khasiat dalam melarutkan kolesterol jahat.

Selain mengonsumsi tanaman obat untuk menurunkan kolesterol, penting untuk menjaga kecukupan cairan tubuh dengan minum air yang cukup. Anjuran minum yang dianjurkan adalah sekitar 8 gelas air putih setiap hari. Konsumsi air yang cukup dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak dan kolesterol. Konsumsi juga jus buah-buahan atau teh herbal yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

Kombinasi antara mengonsumsi tanaman obat yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol dan menjaga pola makan sehat serta rutin minum air putih, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara alami. Namun, sebelum mengonsumsi tanaman obat, penting untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan terlebih dahulu, terutama jika memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain. Lalu, bagaimana cara mengonsumsi tanaman obat untuk menurunkan kolesterol? Simak penjelasannya berikut ini:

Cara Mengonsumsi Tanaman Obat

1. Kunyit

Kunyit telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Salah satu manfaat kunyit adalah kemampuannya untuk menurunkan kolesterol. Kunyit mengandung kurkumin, yang telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Konsumsi kunyit dalam bentuk suplemen atau menambahkan bubuk kunyit ke dalam masakan sehari-hari.

2. Daun Jati Belanda

Daun jati belanda memiliki kandungan flavonoid yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Konsumsi daun jati belanda dalam bentuk teh atau ekstrak. Secara umum, konsumsi 1-2 cangkir teh daun jati belanda setiap hari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara signifikan.

Cara Mengonsumsi Tanaman Obat

3. Bawang Putih

Bawang putih telah lama dikenal sebagai tanaman obat yang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan menghambat penggumpalan darah. Konsumsi bawang putih mentah, sebagai suplemen, atau menambahkan bawang putih ke dalam masakan sehari-hari.

4. Daun Zaitun

Ekstrak daun zaitun telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, terutama kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Kandungan oleuropein dalam daun zaitun memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Konsumsi ekstrak daun zaitun dalam bentuk suplemen atau minyak zaitun dalam masakan sehari-hari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading