Sukses

Health

5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Fimela.com, Jakarta Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi medis yang serius. Hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit kardiovaskular yang mengancam jiwa. Namun, jangan khawatir Sahabat Fimela. Kamu bisa mencegah dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi dengan beberapa kebiasaan sederhana. Termasuk kebiasaan yang rutin dilakukan di pagi hari

Dikutip dari laman healthline.com, ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan di pagi hari untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Aneka kebiasaan ini juga bantu mengontrol gula darah, asam urat dan berat badan ideal. Apa saja kiranya kebiasaan tersebut? Mari simak yang berikut.

Bangun Pagi Lebih Awal

Kebiasaan pagi hari yang pertama adalah bangunlah pagi lebih awal setiap harinya. Dengan bangun pagi dan melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, jogging, atau senam ringan, ini akan membantu menstabilkan tekanan darah. Para ahli percaya jika beberapa aktivitas positif di pagi hari bisa membantu meningkatkan aliran darah, mengurangi stres, dan menurunkan tekanan darah secara bertahap.

Minum Air Putih

Setelah bangun tidur, minumlah segelas air putih hangat atau air lemon. Minum air putih di pagi hari akan membantu menghidrasi tubuh setelah berpuasa selama tidur malam. Ini juga akan membantumu meningkatkan fungsi sistem kardiovaskular, dan organ tubuh keseluruhan secara optimal.

Konsumsi Sarapan Sehat

Sarapan adalah waktu yang penting untuk memberi energi pada tubuh dan mempersiapkan diri untuk aktivitas sepanjang hari. Untuk menu sarapan, pilihlah makanan yang rendah garam, rendah lemak jenuh, dan kaya akan serat, vitamin, pun mineral. Makanan yang kamu pilih untuk menu sarapan sangat menentukan kesehatanmu ke depannya. Makanan sehat akan membuat tubuh sehat, sementara makanan yang tak sehat tentunya bikin tubuh tak sehat.

Praktik Meditasi atau Relaksasi

Luangkan waktu di pagi hari untuk bermeditasi atau melakukan teknik relaksasi seperti pernapasan dalam atau yoga. Praktik meditasi atau relaksasi di pagi hari, akan membantu mengurangi stres, menenangkan pikiran, dan mengendalikan tekanan darah. Ini juga baik dalam menjaga berat badan ideal.

Hindari Konsumsi Kafein

Hindari minum kopi atau minuman berkafein lainnya secara berlebihan di pagi hari. Kafein bisa meningkatkan tekanan darah sementara pada beberapa orang. Mengurangi konsumsi kafein di pagi hari, akan cukup membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.

Dengan menerapkan kebiasaan sehat di pagi hari, kamu tak hanya membantu menurunkan tekanan darah tinggi saja. Tapi ini juga bisa sekaligus membantu memperbaiki kesehatan tubuh secara keseluruhan. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita makin bijak dalam menjaga kesehatan sehari-hari. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading