Sukses

Health

Makanan Tinggi Karbo yang Harus Dikurangi saat Diet Keto

Fimela.com, Jakarta Adakah diantara Sahabat Fimela yang sedang diet keto? Perlu diingat bahwa keto adalah diet rendah karbohidrat sehingga ada beberapa makanan dengan karbohidrat lebih tinggi yang mungkin perlu kamu batasi. Umumnya, kamu harus mengonsumsi kurang dari 20 hingga 40 g karbohidrat per hari.

Ahli diet bernama Stone dari Keto Hope Foundation mengatakan bahwa jumlah pasti yang dibutuhkan untuk mencapai ketosis dapat bervariasi pada setiap individu. Akan tetapi, beliau menganjurkan acuan resep karbohidrat antara 10 hingga 60 g per hari. Jumlah ini untuk karbohidrat bersih (total karbohidrat dikurangi serat).

Untuk membantumu menyelesaikan diet karbo dengan baik, berikut Fimela sudah mengumpulkan daftar makanan tinggi karbo yang sebaiknya dibatasi saat proses diet berlangsung.

Biji-bijian

Sereal, kerupuk, nasi, pasta, roti, dan bir mengandung karbohidrat tinggi. Bahkan, pasta dengan gandum utuh dan pasta berbahan dasar kacang mengandung karbohidrat tinggi. Untuk itu, Sahabat Fimela perlu mempertimbangkan alternatif sumber karbo yang rendah, contohnya mie shirataki.

Sayuran Bertepung dan Buah Tinggi Gula

Sayuran bertepung mengandung lebih banyak karbohidrat yang mudah dicerna daripada serat dan harus dibatasi saat Anda menjalani diet ketogenik. Ini termasuk jagung, kentang, ubi jalar dan bit. Batasi juga buah-buahan tinggi gula, yang meningkatkan gula darah Anda lebih cepat daripada buah beri dan memiliki lebih banyak karbohidrat.

Jumlah karbohidrat untuk buah-buahan tinggi gula:

  • Pisang (1 ukuran sedang): 24 g karbohidrat bersih (27 g total karbohidrat)
  • Kismis (1 ons/28 g): 21 g karbohidrat bersih (total 22 g karbohidrat)
  • Kurma (2 besar): 32 g karbohidrat bersih (36 g total karbohidrat)
  • Mangga (1 cangkir): 22 g karbohidrat bersih (25 g total karbohidrat)
  • Pir (1 sedang): 21 g karbohidrat bersih (27 g total karbohidrat)

Jumlah karbohidrat untuk sayuran bertepung:

  • Jagung (1 cangkir): 32 g karbohidrat bersih (36 g total karbohidrat)
  • Kentang (1 sedang): 33 g karbohidrat bersih (37 g total karbohidrat)
  • Ubi jalar (1 sedang): 20 g karbohidrat bersih (24 g total karbohidrat)
  • Bit (1 cangkir, dimasak): 14 g karbohidrat bersih (17 g total karbohidrat)

Makanan Lainnya

  • Yogurt Berperisa Manis: Pilihlah yoghourt tawar untuk membatasi tambahan gula (alias karbohidrat). Yoghurt Yunani lebih tinggi protein dan lebih rendah karbohidrat dibandingkan yogurt biasa.
  • Minuman Buah dan Jus: Minuman buah—bahkan jenis jus buah 100%—mengandung karbohidrat yang cepat dicerna dan dapat meningkatkan gula darah Anda. Tetap berpegang pada air.
  • Madu, Sirup dan Gula dalam Bentuk Apapun: Batasi gula, madu, sirup maple, dan bentuk gula lainnya yang tinggi karbohidrat dan rendah nutrisi.
  • Keripik dan Kerupuk: Minimalkan keripik, kerupuk, dan makanan ringan olahan berbahan dasar biji-bijian lainnya, yang tinggi karbohidrat dan rendah serat.
  • Makanan Panggang Bebas Gluten: Bebas gluten tidak sama dengan bebas karbohidrat. Banyak roti dan muffin bebas gluten mengandung karbohidrat yang sama tingginya dengan makanan panggang tradisional. Mereka juga biasanya lebih rendah serat.

Sahabat Fimela, saat melakukan diet keto, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan ahli diet agar nutrisimu tetap terjaga sambil mempertahankan ketosis. Semoga dietmu memberikan hasil yang baik terhadap kesehatan, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading