Sukses

Health

Tips Mata Sehat untuk Mencegah dan Mengurangi Minus

Fimela.com, Jakarta Miopia (rabun jauh) adalah salah satu kondisi mata paling umum di dunia. Di Amerika misalnya, rabun jauh mempengaruhi hampir 40% populasi di sana. Seperti kelainan refraksi lainnya, rabun jauh menyebabkan objek pada jarak tertentu menjadi buram. Mengontrol efek miopia sangat penting untuk memastikan penglihatan kamu tetap jernih. 

Miopia– atau yang sering disebut mata minus– adalah masalah penglihatan umum yang membuat kamu dapat melihat dengan jelas benda-benda yang dekat, tetapi benda yang jauh akan menjadi buram. Mata minus umumnya terjadi karena bentuk mata kamu menyebabkan cahaya tidak dibiaskan dengan benar, sehingga fokusnya sebelum mencapai retina kamu, bukan fokus pada retina.

Bagi Sahabat Fimela yang ingin mencegah atau mengurangi minus pada mata, berikut adalah 5 tips terbaik yang direkomendasikan oleh Myles Bokinac dari Advance Eye Care Center.

5 Tips Mata Sehat agar Tidak Kena Minus

1. Tingkatkan Waktu yang kamu Habiskan di Luar

Menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan selama masa remaja dan awal masa dewasa kamu dapat menurunkan risiko rabun jauh seumur hidup. Hal ini mungkin disebabkan oleh sinar ultraviolet matahari yang mengubah struktur molekul sklera dan kornea serta membantu mempertahankan bentuk normalnya. 

2. Lindungi Matamu dari Sinar Matahari

Mengenakan kacamata hitam akan melindungi mata kamu dari sinar ultraviolet yang berbahaya dan membantu memperlambat perkembangan mata minus jika kamu menghabiskan banyak waktu di luar ruangan. 

3. Konsumsi Makanan Sehat

Cobalah makan banyak sayuran berdaun hijau, sayuran, dan buah-buahan. Mata kamu mendapat manfaat jika kamu juga memasukkan ikan yang tinggi asam lemak omega-3, seperti tuna dan salmon, ke dalam makanan kamu.

4. Mengurangi Kelelahan Mata

Beristirahat sejenak dari melihat layar dan mengistirahatkan mata. Kurangi aktivitas yang dapat membuat matamu lelah, seperti menonton TV dan bermain komputer. Hal ini cukup dapat membantu memperlambat perkembangan rabun jauh. 

5. Hindari Merokok

Merokok memiliki banyak dampak buruk, dan dapat berdampak buruk pada penglihatan kamu dan orang di sekitar kamu. Hindari merokok untuk memperlambat perkembangan miopia.

Sahabat Fimela, dari pembahasan tentang tips mata sehat di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa mata minus dapat disebabkan oleh beberapa faktor sehingga dibutuhkan berbagai effort untuk menjaga kesehatan mata dari risiko terkena rabun jauh. Yang penti jg, hindari aktivitas yang dapat “menyakiti” matamu, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading