Sukses

Health

Cara Membuat Rebusan Daun Pepaya untuk Redakan Asam Lambung di Bulan Ramadhan

Fimela.com, Jakarta Lambung yang cukup sensitif seringkali menyebabkan ketidaknyamanan yang dirasakan. Terdapat sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari agar tidak memicu gejala asam lambung, maag, atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) yang sedang dialami tidak muncul secara tiba-tiba.

Lebih tidak nyaman lagi bila harus bergantung pada obat-obatan kimia untuk mengatasi masalah lambung saat gejala muncul kembali. Hal ini dapat disebabkan oleh riwayat intoleransi terhadap beberapa kandungan obat yang dialami oleh sebagian orang. Maka dari itu, penggunaan obat herbal dan alami menjadi alternatif yang dianggap lebih aman. Salah satunya adalah memanfaatkan daun pepaya sebagai solusi alami untuk mengurangi gejala asam lambung.

Tidak perlu mengonsumsi daun pepaya secara berlebihan, hanya cukup dengan meminum satu gelas air rebusannya. Walaupun rasanya akan terasa pahit, namun setidaknya penggunaannya lebih alami tanpa adanya campuran bahan kimia.

Berikut adalah beberapa manfaat dari daun pepaya serta cara membuat air rebusannya untuk membantu meredakan gejala asam lambung yang kambuh. Informasi ini disarikan dari berbagai sumber pada hari Jum'at (15/3/2024).

Manfaat Kesehatan Secara Umum

Membantu menurunkan Hipertensi

Menurut penerbitan jurnal Acta Veterinaria Indonesia, kandungan flavonoid dan kalium yang tinggi terdapat dalam daun pepaya. Kedua zat tersebut memiliki potensi dalam membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Obat Alami Demam Berdarah

Ketika seseorang mengalami Demam Berdarah Dengue (DBD), trombositnya dapat menurun, yang dapat dikenali dari gejala lemas dan demam yang tinggi. Dalam hal ini, konsumsi daun pepaya dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit karena daun yang memiliki rasa pahit ini mengandung carpine yang berfungsi sebagai antivirus.

Mencegah Kanker

Mengacu pada sebuah penelitian dari Frontiers in Pharmacology, daun pepaya memiliki potensi untuk mendukung proses pengobatan berbagai jenis kanker. Hal ini disebabkan oleh sifat sitotoksiknya yang mampu menghancurkan sel-sel kanker.

Manfaat Kecantikan

Membantu mengatasi Masalah Jerawat

Menurut sebuah sumber, daun pepaya dapat bermanfaat dalam menyembuhkan jerawat karena enzim papain yang terdapat di dalamnya memiliki fungsi sebagai exfoliant, yaitu mengangkat sel kulit mati.

Mencegah Proses Penuaan

Daun pepaya juga diyakini memiliki manfaat dalam menghambat proses penuaan karena kandungan asam amino yang tinggi. Senyawa ini diyakini mampu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

Mendorong Pertumbuhan Rambut

Selain bermanfaat untuk kulit, daun pepaya juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan Phytochemical yang terdapat di dalamnya mampu merangsang pertumbuhan akar rambut, mengatasi masalah kulit kepala yang gatal, rontok, dan penipisan lapisan rambut.

Kandungan Nutrisi Daun Pepaya

Untuk menjaga kesehatan tubuh, berikut adalah daftar komposisi nutrisi yang terkandung dalam setiap 100 gram daun pepaya:

  • Energi: 87 kkal.Air: 75,4 g.
  • Karbohidrat total: 11,9 g
  • Protein: 8 gLemak total: 2 g.
  • Serat pangan: 1,5 g.
  • Kalium: 926,6 mg.
  • Kalsium: 353 mg.
  • Vitamin C: 140 mg.
  • Fosfor: 63 mg.
  • Natrium: 4 mg
  • Vitamin B3: 1,8 mg
  • Seng: 1,5 mg
  • Besi: 0,8 mg.
  • Vitamin B2: 0,5 mg.
  • Vitamin B1: 0,15 mg
  • Beta karoten: 5409 mcg.
  • Tembaga: 200 mcg.

Manfaat Daun Pepaya untuk Asam Lambung

Menurunkan Tingkat Keasaman Lambung

Kandungan papain dalam pepaya berguna untuk menurunkan tingkat kecukupan asam lambung dan mengurangi tanda-tanda naiknya asam lambung.

Mengurangi Peradangan pada Lambung

Pepaya memiliki sifat anti-peradangan yang efektif dalam meredakan gejala asam lambung seperti sensasi terbakar dan mulas.

Meningkatkan Produksi Cairan Lambung

Peningkatan produksi cairan lambung dapat meningkatkan kelancaran pencernaan, menjaga keseimbangan pH lambung, dan mengurangi tanda-tanda naiknya asam lambung.

Memperbaiki Lapisan Mukosa Lambung

Mengonsumsi pepaya dapat membantu memperbaiki lapisan mukosa lambung, mempercepat proses penyembuhan.

Cara Membuat Rebusan Daun Pepaya

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat air rebusan daun pepaya diantaranya, daun pepaya,1-2 gelas air, gula atau madu (madu lebih disarankan).

Cara mengolah:

  1. Cuci bersih daun pepaya
  2. Potong-potong daun pepaya
  3. Rebus selama 10-15 menit
  4. Angkat dan saring
  5. Tambahkan gula atau madu secukupnya
  6. Air rebusan daun pepaya siap dikonsumsi.

Apakah Daun Pepaya Boleh Dikonsumsi Setiap Hari?

Konsumsi berlebihan daun pepaya berpotensi menyebabkan kerusakan pada saluran pencernaan. Ini adalah risiko yang mungkin timbul akibat mengonsumsi sejumlah besar daun Carica papaya.

Berapa Kali Minum Air Rebusan Daun Pepaya?

Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa ekstrak pepaya memiliki kandungan enzim papain yang mampu meningkatkan jumlah trombosit di dalam tubuh. Untuk memperoleh hasil yang lebih cepat, konsumsilah 20-25 ml jus pepaya dua kali sehari selama satu minggu.

Batang Pepaya untuk Obat Apa?

Manfaat batang pepaya terletak pada kemampuannya dalam mendukung metabolisme tubuh. Ini disebabkan oleh kandungan protein di dalamnya yang mampu meningkatkan penyerapan nutrisi dan melancarkan proses metabolisme, membuat tubuh menjadi lebih tahan terhadap penyakit.

Benarkah Daun Pepaya Bisa Menghilangkan Flek Hitam di Wajah?

daun pepaya juga ampuh mengatasi flek hitam di wajah, baik pada pria maupun wanita.

Apakah Daun Pepaya Bisa Meningkatkan Gula Darah?

Menurut artikel di Healthline, pepaya leaf kerap dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional Meksiko sebagai metode alami untuk merawat diabetes serta memperbaiki kontrol gula darah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading