Sukses

Lifestyle

4 Alasan Kenapa Empati Jadi Kunci Kesuksesan Bisnismu

Fimela.com, Jakarta Selama ini, mungkin kamu tahu apa saja yang harus kamu miliki untuk bisa jadi pengusaha sukses di masa depan. Sederet kunci sudah kamu pahami dan kuasai. Mulai dari kerja keras, gigih, dan sejumlah pengetahuan teoritis tentang mengelola uang serta perusahaan.

Tapi ternyata itu saja belum cukup. Kamu juga harus menambahkan empati dalam paket kunci sukses yang kini sudah kamu kuasai. Banyak orang yang menganggap empati tak terlalu penting. Bahkan, tak mau memasukkannya ke dalam syarat menjadi pengusaha sukses. Padahal, ada beberapa alasan kuat kenapa empati juga penting dalam hal ini. 

1. Sebagai pengusaha yang menciptakan sesuatu lantas menjualnya, kamu pasti punya konsumen atau klien yang akan membeli dan menggunakan jasamu. Karena itu, kamu membutuhkan empati untuk memahami apa yang mereka pikirkan. Pasalnya, produk atau jasamu baik ketika kamu menjawab kebutuhan konsumen. Kamu harus paham apa yang dipikirkan konsumen sebelum membuat produk atau jasa. 

 

A photo posted by Blvck✖Suits (@blvckxsuits) on

2. Sebuah ide akan muncul ketika kamu menemukan masalah. Masalah adalah, ketika ada ketidaksesuaian antara yang seharusnya dengan yang ada pada kenyataan. Artinya, empati ini dibutuhkan ketika kamu bertanya kepada calon konsumen, apa saja yang mereka butuhkan. Untuk menjawab itu, kamu harus memahami selera dan kebutuhan. 

3. Mereka membutuhkan sesuatu, tapi pada kenyataannya hal tersebut tidak mereka dapatkan. Banyak faktor. Mungkin memang belum ada yang menyediakan. Atau secara teknis, mereka kesulitan untuk mendapatkannya karena berbagai hal. Artinya, mereka punya 'penderitaan' yang belum mendapatkan solusi. Inilah tugasnya kamu, menggunakan empati untuk menjawab kebutuhan mereka. 

 

A photo posted by Gafin Misha (@gafinmisha) on

4. Empati juga membangun hubungan yang erat dengan konsumen. Kenapa? Sebuah hubungan akan langgeng dan berjalan lancar kalau kedua pihak saling mengerti. Termasuk dalam sebuah bisnis. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading