Sukses

Lifestyle

Hati-hati, Kurang Minum Bisa Bikin Gemuk

Fimela.com, Jakarta Tumbuh dengan sehat merupakan dambaan setiap orang. Sementara punya badan yang langsing bisa dibilang keinginan lain yang baru bisa diwujudkan dengan usaha yang lebih keras. Ya, banyak orang berlomba untuk mendapatkan keduanya secara bersamaan.

Ketika sedang berada dalam program penurunan badan, mungkin kamu seringkali mendengar tips untuk banyak minum air putih ketika ingin diet. Ternyata cara itu bisa menjadi sangat efektif agar berat badan menjadi turun. Sebuah studi pun mengungkapkan sebuah hubungan antara dehidrasi dan obesitas.

Disadur dari Today, para peneliti dari Michigan telah menganalisis data dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) yang melibatkan 9.528 peserta di rentang usia 19 hingga 64 tahun. Peneliti melihat bagaimana konsentrasi urine para peserta untuk mengetahui orang tersebtut terhidrasi dengan baik atau tidak.

Setelah itu para peneliti pun membandingkan dengan indeks massa tubuh peserta dan ukuran lemak berdasarkan tinggi dan berat badan. Hasilnya adalah orang-orang yang mengalami hidrasi miliki indeks massa tubuh yang tinggi. “Hal ini menunjukkan ada hubungan antara dehidrasi dengan meningkatnya indeks massa tubuh. Walaupun kami tak dapat menarik hubungan sebab akibatnya, namun pasti ada sesuatu yang terjadi di sana,” ujar Wendy Hanh, seorang ahli gizi di University Wisconsin Health.

Hidrasi pun dikaitkan dengan tingkat kesehatan yang lebih baik. Dr. Tammy Chang mengatakan bahwa orang yang dehidrasi akan cepat merasa lelah dan mengalami penurunan konsentrasi. Untuk itu The Institute of Medicine merekomendasikan untuk meminum 10 hingga 12 gelas air putih per hari yang disesuaikan dengan kegiatan harian.

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Hal yang Harus Diprioritaskan jika Kamu belum Berani ke Dokter selama Setahun Terakhir
Artikel Selanjutnya
Cara Membuat Aktivitas Tatap Muka di Sekolah lebih Aman Dilakukan di Tengah Pandemi COVID-19