Sukses

Health

5 Tips Sehat Menikmati Menu Lebaran agar Tidak Makan Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Merayakan Lebaran dengan keluarga dengan kondisi badan utuh sehat walafiat adalah harapan semua orang. Jika tahun ini ingin menjaga kesehatan lebih baik lagi, tentu ada beberapa cara yang perlu dilakukan agar bisa menikmati menu lebaran dengan cara yang sehat. Apalagi banyak sekali godaan-godaan yang pasti akan membuat kita lengah terutama dari segi makanan. Ini beberapa tips menikmati menu lebaran agar tetap sehat.

1. Minum air putih sebelum makan

Begitu datang lebaran, minum air putih saat bangun tidur. Minum air putih lagi sebelum makan apa pun untuk menjaga perut setengah kenyang. Minum secukupnya, atau paling tidak satu gelas air sebelum makan makanan berat atau makan camilan. Setelah makan juga sebaiknya minum air putih yang cukup untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

2. Kurangi minum minuman manis

Saat lebaran pasti ada banyak sekali minuman manis yang disajikan, baik di rumah atau saat berkunjung ke rumah tetangga, saudara atau kenalan saat halal bi halal. Untuk menghormati tuan rumah, ambil minuman manis secukupnya, jika memungkinkan batasi konsumsi minuman manis. Jika bisa menolak, lebih baik hindari minuman manis, apalagi jika kamu tahu harus mengunjungi banyak tempat yang mengharuskan kamu banyak makan.

3. Makan kue kering sedikit saja

Merayakan lebaran tidak lengkap tanpa kue kering. Tapi sayangnya kue kering memiliki kalori yang tinggi tapi rendah gizi. Jika ingin mencicipi, makan satu atau dua buah saja untuk setiap kue kering. Setelah itu hentikan ngemil kue kering dengan pikiran "oke, aku sudah mencobanya, aku sudah tahu rasanya, maka cukup." Dengan mindset seperti ini, kamu membentuk batasan kuat terhadap dirimu sendiri untuk membatasi makan kue kering.

4. Makan makanan berat secukupnya

Makan makanan berat biasanya sangat tinggi kalori dan kolesterol seperti opor ayam, sayur santan, rendang, goreng-gorengan dan semacamnya. Ambil porsi kecil saja, gunakan piring kecil atau sebisa mungkin mengurangi makanan berkuah santan. Jika sekiranya perut sudah kenyang, lebih baik tidak perlu makan. Makanlah hanya ketika benar-benar lapar.

5. Lebih banyak buah dan sayur

Jika tersedia buah dan sayur yang tidak terlalu banyak diolah dengan minyak, santan dan lemak, lebih baik pilih makanan tersebut. Ketika kita makan lebih banyak buah dan sayur, perut menjadi kenyang lebih lama sehingga bisa membatasi makan makanan berat lainnya seperti makanan bersantan, berkolesterol dan berkalori tinggi. Jika punya waktu, sempatkan olahraga ringan seperti jalan kaki atau mencuci piring setelah makan. 

Itu dia beberapa tips menikmati menu lebaran agar tetap sehat. Semoga bermanfaat.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading