Sukses

Lifestyle

Skill Penting yang Harus Kamu Punya dalam Sebuah Hubungan

Fimela.com, Jakarta Membangun sebuah hubungan memang pekerjaan yang harus dilakukan secara berkesinambungan. Penyesuaian-penyesuaian harus dilakukan seiring dengan berjalannya waktu. Itu juga kalau kamu benar-benar ingin mempertahankannya, sih.

Sama juga seperti pekerjaan-pekerjaan lainnya. Untuk menekuninya agar selalu berhasil, pada dasarnya kamu harus memiliki 'skill' yang memadai. Nah, kalau dalam hubungan, apa saja sih skill itu?

 

Jawabanya adalah skill mendengar. Kemampuan mendengar adalah satu hal penting yang sebaiknya tidak disepelekan. Sebenarnya mudah saja, sih. Toh setiap ada orang lain bicara, kita pasti mendengar. Tapi memahami apa yang dia sampaikan dari perkataannya? Tidak semua orang mampu, lho. Lakukan hal-hal berikut jika kamu ingin meningkatkan kemampuan 'mendengar'-mu demi hubungan yang langgeng dan harmonis.

1. Menyimak. Bisa kah kamu menyimak perkataannya kala memiliki terdistraksi? Biasanya sih, tidak. Jadikan "memerhatikan" pasanganmu prioritas yang lebih penting dibanding hp, layar laptop, atau televisi. Saat bicara, fokuslah pada dirinya.

Jadi pendengar yang baik adalah salah satu pondasi hubungan yang harmonis. (Foto: giphy.com)

2. Tidak memotong pembicaraannya. Ketika kamu membiarkannya bicara tanpa memotongnya dengan komentarmu, berarti kamu memberikannya kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara penuh. Simple gesture seperti ini juga penting dalam hubunganmu.

3. Pahami bahasa tubuh. Tidak semua orang bisa benar-benar mengungkapkan apa yang dia rasakan. Memahami bahasa tubuh akan membantumu lebih mengerti dia. Ketika dia sedih tapi terlalu malu untuk menceritakannya, kamu tetap bisa menenangkannya jika kamu melihat ada 'pertanda' dari bahasa tubuhnya.

4. Artikan ucapannya dengan tepat. Bayangkan kalau pembicaraan kalian sering kamu salah artikan? Pasti mengurangi keharmonisan karena akan timbul berbagai kesalahpahaman. Untuk yang satu ini, kamu bisa terbantu dengan memastikan kepadanya, benar tidaknya pemahamanmu atas perkataannya.

5. Tawarkan bantuan. Kadang seseorang butuh nasihat atau pendapat, kadang pula mereka hanya butuh didengarkan. Biarkan pasanganmu memilih apa yang dia butuhkan, lalu, tawarkan bantuan untuknya.

Demi hubungan yang harmonis, belajar lah jadi pendengar yang baik. (Foto: giphy.com)

Kuncinya adalah kamu benar-benar hadir. Membangun hubungan yang harmonis bisa dimulai dengan membuka hati, pikiran, juga telingamu untuk dia yang kamu pilih. Meningkatkan skill mendengar-mu lah pondasi terkuat untuk membuat hubunganmu tetap berjalan!

;
Loading