Sukses

Lifestyle

5 Makanan Buka Puasa yang Bernilai Ibadah di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Selama berpuasa di bulan Ramadan ini, banyak manfaat yang kita dapat, termasuk dari sisi kesehatan. Selain dapat menjadi asupan energi untuk beraktifitas seharian, sahur dan berbuka puasa ternyata punya banyak manfaat lain yang tidak bisa dianggap enteng.

Misalnya, disarankan berbuka puasa didahului dengan minum atau makan makanan yang manis dan ringan. Makanan berbuka yang paling dikenal luas rasanya adalah buah kurma. Bahkan menyantap kurma merupakan bagian dari sunnah karena mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW. 

Selain kurma, ternyata ada makanan atau buah lainnya yang bernilai ibadah dan disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Seperti dilansir dari dream.co.id, ada lima makanan yang termasuk dalam daftar tersebut.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dianjurkan jadi menu buka puasa karena mengandung kolesterol rendah dan baik untuk pencernaan. Selai itu, paduan serat dan karbohidrat kompleksnya, baik untuk dicerna perlahan-lahan oleh tubuh sehingga kamu tidak mudah merasa lapar selama berpuasa dan gula darah tetap stabil.

Melon dan Labu

2. Melon

Melom bukan hanya rasanya yang segar dan manis, tapi ternyata juga bernilai ibadah. Melon adalah sumber serat dan air yang sangat baik, jumlahnya sampai 90 persen dari total beratnya. Menyantap melon termasuk saat berbuka puasa, bisa mengurangi masalah perut yang tidak nyaman

3. Labu

Bukan hanya kurma, labu juga dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Kandungan air dalam labu sangat banyak dan menjaga tubuh kita supaya tidak mengalami dehidrasi.

Nasi Merah dan Pisang

4. Nasi Merah

Nasi merah dipercaya mengandung karbohidrat dan gula yang lebih rendah dibandingkan beras putih. Mengonsumsi nasi merah selama menjalankan ibadah puasa ternyata juga sangat dianjurkan.

5. Pisang

Enzim pada pisang mampu meningkatkan proses pencernaan, menambah energi, dan memperbaiki kerja usus. Bukan saja menyehatkan, makan pisang ternyata juga bernilai ibadah saat dikonsumsi di bulan puasa Ramadan ini.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading