Sukses

Lifestyle

Tak Nyaman Dengan Bos Tukang Gosip, Ini Cara Ampuh Untuk Mengatasinya

Banyak faktor yang menentukan kenyamanan kita dalam bekerja, salah satunya kondisi tempat kerja dengan rekan kerja yang saling support satu sama lain, termasuk antara atasan dan bawahan. Sekali waktu,  tidaklah mengherankan jika bos atau atasan kita akan mendiskusikan beberapa masalah dengan kita, termasuk masalah menyangkut rekan kerja sejawat kita.

Tidak ada salahnya sih, bertukar informasi dan pendapat dengan bos mengenai rekan kerja, namun jika hal ini terlalu sering dilakukan, maka akan terkesan seperti bergosip. Hal ini tentu akan membawa dampak yang kurang enak pada hubungan kita dengan teman kerja kita. Dari diskusi biasa jadi ajang saling gunjing, tentu tidak akan membuat kita merasa nyaman. Belum lagi jika si bos ternyata melakukan hal ini dengan teman kerja kita yang lain. Waduh!

Seperti disebutkan dalam laman positivesharing.com, untuk menghadapi bos atau atasan yang gemar mengajak kita bergosip mengenai karyawan lain yang notabene adalah teman kerja kita sendiri, tips berikut ini akan bisa membantu Anda. Yuk, simak.

 

  • Hindari Topik Yang Memicu Gosip Dengan Bos. Cara terbaik menghadapi bos yang sering menggosipkan rekan kerja kita adalah dengan menghindari topik pembicaraan seputar rekan kerja kita. Jika bos bertanya hal-hal pribadi mengenai teman kita, katakan dengan sopan bahwa Anda tidak mengetahui hal tersebut dengan baik.
  • Alihkan Pembicaraan. Sepintar apapun kita berusaha menghindari topik yang mengacu ke masalah pribadi teman kerja kita, biasanya bos kita selalu bisa menemukan celah untuk membuka pembicaraan yang membuat Anda terjebak dalam topik gosip si bos. Jangan panik, tenang dan alihkan pembicaraan sehalus mungkin. Misal si bos mulai meminta pendapat tentang si A yang begini dan begitu, Anda bisa memberikan pendapat Anda seobyektif mungkin dan mengalihkan topik pembicaraan yang lain.
  • Jangan Terpancing. Ketika bos Anda mulai membicarakan cara kerja rekan yang tidak ia sukai, Anda jangan terpancing dengan membeberkan keburukannya yang lain yang juga tidak Anda sukai. Meski terkesan Anda mendapatkan teman yang sependapat dengan Anda mengenai teman kerja Anda tersebut, namun bisa saja di kemudian hari Anda menjadi topik gunjingan bos Anda dan teman Anda. Bertindaklah obyektif dalam menyikapi rasa tidak suka bos Anda terhadap teman Anda tersebut, dan cobalah untuk memaparkan prestasi dan kebaikan yang pernah teman kerja Anda lakukan.

Nah, itulah beberapa tips untuk menghadapi bos tukang gosip yang mungkin Anda temui di tempat kerja. Yang terpenting adalah jadi diri sendiri dan hindari mengambil hati atasan dengan terpancing untuk ikut larut dalam topik gosip bos Anda, sebab hal ini tentu tidak akan menguntungkan Anda di kemudian hari. Act wise and live happily!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading