Sukses

Lifestyle

Es Krim, Gelato dan Sorbet, Apa Sih Bedanya?

Tua-muda, siapa saja menyukai es krim. Rasanya yang segar dan dingin, memang cocok untuk melepas dahaga. Tapi nggak hanya es krim saja lho yang enak dimakan dingin-dingin. Gelato dan sorbet pun menjadi minuman favorit yang nikmat rasanya.

Antara es krim, gelato dan sorbet, semuanya memiliki tekstur yang hampir mirip berupa cairan yang dibekukan. Tapi apa sih perbedaan dari ketiganya?

Es krim

Copyright pexels.com

Es krim biasanya dibuat dari susu, krim, gula dan tambahan perasa. Karakteristik khusus es krim adalah digiling oleh mesin, sehingga ada udara yang masuk ke dalam adonannya. Hasilnya adalah tekstur es krim yang lembut.

Sorbet

Copyright lenotrehub.com

Meski bentuknya menyerupai es krim, sorbet tidak mengandung susu atau pun krim. Sorbet dibuat dari jus buah atau sari buah. Dalam pembuatannya, hanya sedikit jumlah udara yang tercampur dalam adonan selama proses pembekuan. Seringkali alkohol ditambahkan ke dalam sorbet agar tidak terlalu kaku saat didinginkan.

Gelato
Copyright theheadquarters.com

Ketimbang sorbet, gelato lebih menyerupai es krim. Bahan pembuatnya bisa dibilang mirip, yaitu dari susu, gula dan penambah rasa. Gelato adalah makanan pencuci mulut khas Itali. Pembuatan gelato adalah dengan mengaduknya perlahan-lahan agar udara yang tercampur di dalam adonannya lebih sedikit ketimbang es krim. Biasanya gelato mengandung sedikit lemak tetapi tinggi gula.

Nah itu dia perbedaan es krim, gelato dan sorbet. Semoga tidak bingung lagi saat harus memilihnya di gerai-gerai dessert favoritmu ya!

(vem/wnd)
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Makanan Favorit Masyarakat Indonesia Saat Berbuka Puasa
Artikel Selanjutnya
8 Takjil Manis Khas Turki yang Harus Ada Selama Ramadan