Sukses

Lifestyle

Cara Menyimpan Sayur Kembang Kol Agar Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Kembang kol merupakan salah satu sayuran yang bernutrisi tinggi. Kembang kol juga memiliki rasa yang lezat dan bisa diolah menjadi berbagai masakan menggugah selera.

Kembang kol juga sebagai salah satu sayuran yang bisa dengan mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Biasanya, kembang kol cocok disajikan sebagai sub, kembang kol goreng, tumis atau dipanggang.

Mengenai sayur kembang kol sendiri, ini merupakan sayuran yang bisa disimpan dalam waktu cukup lama. Tak seperti sayur lainnya yang mudah layu dan busuk, kembang kol bisa bertahan selama berhari-hari dan tetap segar juga berkualitas baik. Dengan catatan, kembang kol disimpan dengan cara dan tempat tepat.

Melansir dari laman mashed.com, cara tepat untuk menyimpan kembang kol adalah di lemari es atau kulkas. Saat membeli kembang kol, usahakan untuk membeli kembang kol yang bersih dan segar. Hindari membeli kembang kol yang terdapat bintik-bintik hitamnya. Adanya bintik-bintik ini menandakan kembang kol mulai rusak dan membusuk.

Setelah kembang kol terbeli, cuci bersih kembang kol kemudian potong menjadi empat bagian. Potongan kembang kol dari arah atas sampai ke arah bawah batang kembang kol. Jika sudah, diamkan kembang kol sebentar hingga air bekas cuciannya kering. Selanjutnya, masukkan kembang kol ke wadah plastik yang sudah diberi lubang atau ke kantong kertas. Simpan kembang kol di lemari es.

Dengan cara penyimpanan ini, kembang kol mentah bisa bertahan hingga 5 sampai 7 hari. Sedangkan jika disimpan di luar lemari es atau di suhu ruangan, kembang kol bisa bertahan hingga 2 hari.

Itulah cara menyimpan sayur kembang kol yang mudah dan tepat. Semoga cara ini bermanfaat.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Membersihkan Ceker Ayam Agar Lebih Bersih
Artikel Selanjutnya
Cara Membuat Minyak Bawang Putih Serbaguna