Sukses

Lifestyle

Mama Selalu Menghalangi Mimpiku Itu dengan Alasan Aku Belum Menikah

Fimela.com, Jakarta Apapun mimpi dan harapanmu tidak seharusnya ada yang menghalanginya karena setiap perempuan itu istimewa. Kita pun pasti punya impian atau target-target yang ingin dicapai di tahun yang baru ini. Seperti kisah Sahabat Fimela ini yang kisahnya ditulis untuk mengikuti Lomba My Goal Matters: Ceritakan Mimpi dan Harapanmu di Tahun yang Baru.

***

Oleh: Ayres Pradiptyas - Depok

Aku dibesarkan oleh orangtua yang selalu mengajarkan pentingnya pendidikan. Walaupun orang tuaku mengerti tentang pentingnya pendidikan, adakalanya mereka, terutama mama, tidak mendukung mimpiku untuk meraih gelar doktoral.

Aku bekerja sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi negeri populer di Indonesia. Pada saat aku menjalani studi master, mamaku sudah seringkali memperingati bahwa aku adalah seorang perempuan yang nantinya akan melakukan banyak pekerjaan di rumah dan akan menghabiskan waktu di dapur. Jadi untuk apa mempunyai gelar pendidikan yang tinggi.

Lalu kini, aku memiliki mimpi untuk melanjutkan studi ke jenjang berikutnya, yaitu jenjang doktoral. Memiliki gelar doktoral bukan hanya sekadar ambisi pribadi namun lebih kepada kebutuhan pekerjaan. Gelar doktoral merupakan alat bagiku untuk mendapatkan ilmu yang lebih baru yang dapat aku ajarkan lagi kepada mahasiswaku. Dan pada akhirnya, meng-upgrade gelar pendidikan juga merupakan tuntutan untuk naik jabatan.

Sebelum memasuki tahun 2019, aku sering bercerita ke mama tentang keinginanku untuk melanjutkan studi. Dan hampir setiap kali itu juga, mama selalu menghalangi mimpiku tersebut dengan alasan aku belum menikah dan kalau belum menikah tapi telah memiliki gelar doktoral, kasihan lelaki yang akan menjadi suamiku kelak, terlebih kalau dia belum memiliki jenjang pendidikan yang sama denganku.

Walaupun ada sedikit hambatan dari mama. Aku tetap optimis untuk tetap melangkah mewujudkan mimpiku dengan cara menerbitkan penelitian pada bidang keahlianku dan mencari beasiswa karena aku tahu my goals matter. And eventually my mom will come around when she sees me happy and proud of what I accomplish.

Loading
Artikel Selanjutnya
Semoga Tahun Ini Ada Pencapaian Karier dan Cinta yang Lebih Baik
Artikel Selanjutnya
Resolusi Tahun Ini: Membahagiakan Orangtua dan Jadi Insan yang Lebih Baik