Sukses

Lifestyle

Olahraga Tidak Membuahkan Hasil? Bisa Jadi Ini 7 Alasannya

Fimela.com, Jakarta Melakukan olahraga setiap hari dan tidak juga melihat perubahan pada tubuh? Ya, memang membutuhkan waktu untuk mendapatkan hasil dari olahraga yang dilakukan, namun pastikan juga rencana dan kebutuhan yang dimiliki agar olahraga berjalan sesuai target.

Dilansir dari cheatsheet.com, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa olahraga tidak membuahkan hasil, serutin apapun dilakukan. Penasaran?

1. Tidak ada intensitas

Olahraga harus dilakukan dengan intensitas yang membuat diri sendiri nyaman melakukannya. Jika rutin melakukan olahraga, namun tidak juga membuahkan hasil, ini mungkin karena tidak intensitas di dalamnya.

2. Tidak mencoba latihan kekuatan

Terbiasa lari di treadmill dan melewatkan latihan kekuatan juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa olahraga tidak membuahkan hasil. Latihan kekuatan adalah komponen penting untuk meningkatkan metabolisme.

3. Fokus untuk menghilangkan lemak

Jika tujuan melakukan olahraga secara rutin adalah menghilangkan lemak, ini harus dihentikan segera. Faktanya, tidak akan ada yang tahu tubuh kehilangan lemak sampai terjadi penurunan berat badan.

Gabungkan latihan kardio, latihan kekuatan secara menyeluruh, dan diet sehat untuk mengurangi lemak dalam tubuh dan menonjolkan otot-otot. Selain itu, jangan mencoba melakukan olahraga hanya untuk mengurangi berat badan di satu area tubuh saja dan mengabaikan area lainnya.

 

2 dari 2 halaman

Tidak mengubah rutinitas yang dilakukan

4. Tidak mengubah rutinitas yang dilakukan

Olahraga yang tidak membuahkan hasil bisa juga karena kamu tidak berusaha mengubah rutinitas yang dilakukan. Cobalah meningkatkan repetisi atau mencoba gerakan baru untuk menargetkan otot-otot dengan cara yang berbeda.

5. Terlalu banyak olahraga

Overtraining justru bisa berbahaya bagi kesehatan, karena dapat mendorong batas stres tubuh dan menyebabkan kerusakan. Olahraga yang dilakukan terlalu intens juga dapat menyebabkan hipotiroidisme, menyebabkan depresi, kenaikan berat badan, dan gangguan pencernaan.

6. Tidak cukup waktu tidur

Dengan waktu tidur yang kurang, olahraga tidak akan membuahkan hasil. Kurang tidur berkaitan erat dengan penambahan berat badan, karena tidur dapat membantu mengatur metabolisme dan mengendalikan nafsu makan.

7. Tidak mengisi tenaga dengan benar

Biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran penting untuk memberi ketahanan, kekuatan, dan fleksibilitas kardio sebelum melakukan olahraga. Makan makanan yang tepat sebelum olahraga dan pastikan untuk mendapatkan protein setelah selesai olahraga untuk membantu memperbaiki jaringan di dalam tubuh.

Loading
Artikel Selanjutnya
Benarkah Gunakan Makeup Saat Olahraga Bisa Merusak Kulit?
Artikel Selanjutnya
Kapan Kamu Harus Menggunakan High dan Low-Impact Sport Bra?