Sukses

Lifestyle

Memiliki Rasa Manis Hingga Asam, Ini 4 Jenis Jeruk Khas Indonesia

Fimela.com, Jakarta Buah jeruk menjadi salah satu buah yang jadi favorit semua orang. Rasa buah jeruk yang manis sedikit asam dan kaya akan air menjadikan jeruk sangat cocok dinikmati di daerah tropis seperti Indonesia. Buah jeruk tak hanya bisa disantap secara langsung tetapi juga bisa dibuat jus atau makanan lain yang pastinya sangat menggugah selera.

Mengenai buah jeruk, di Indonesia ada beberapa jenis buah jeruk khas atau asli Indonesia yang memiliki rasa manis segar hingga asam segar. Apa saja?

Jeruk Pontianak

Jeruk jenis merupakan buah jeruk yang banyak dibudidayakan di Pontianak. Buah jeruk ini memiliki rasa yang manis dan kaya akan air sehingga sangat menyegarkan. Jeruk Pontianak juga memiliki aroma jeruk yang wangi serta kuat. Umumnya, jeruk ini memiliki kulit hijau kekuningan mengkilap yang tipis sehingga sangat mudah dikupas.

Jeruk Bali

Jeruk khas Indonesia selanjutnya ada jeruk Bali. Dibandingkan dengan jeruk lainnya, jeruk Bali memiliki ukuran yang sangat besar. Jeruk Bali memiliki daging buah berwarna pink cantik dengan rasa manis sedikit asam dan segar. Saat matang, kulit jeruk Bali akan berwarna hijau kekuningan atau keputihan. Selain bisa disantap secara langsung, jeruk Bali bisa jadi bahan untuk membuat manisan, salad, asinan hingga rujak.

Jeruk Medan

Jeruk Medan memiliki rasa yang manis. Jeruk ini kulitnya berwarna hijau kekuningan. Meski sering disebut sebagai jeruk Medan, jeruk yang satu ini banyak tumbuh di daerah Brastagi, Sumatera Utara.

Jeruk Nipis

Kita tentu sudah tak asing lagi dengan jeruk nipis. Jeruk nipis adalah jeruk yang memiliki permukaan kulit berwarna hijau dengan rasa buah yang sangat asam. Biasanya, jeruk nipis dimanfaatkan untuk bahan minuman, sebagai penetral bau amis pada ikan atau daging dan dibuat bumbu agar cita rasa masakan lebih segar serta menggugah selera.

Itulah sedikitnya 4 jenis buah jeruk lokal khas Indonesia. Dari sekian jeruk yang ada, mana nih yang menjadi favoritmu dan selalu ada di rumah?

 

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Membersihkan Rumah Usai Banjir Jakarta Surut