Sukses

Lifestyle

Bukan Hanya Aedes Aegypti, Ini Jenis-Jenis Nyamuk Penyebab Penyakit Pada Manusia

Fimela.com, Jakarta Baru awal tahun 2019, Kementerian Kesehatan mencatat kasus demam berdarah mencapai 16.692 dan hampir 90% kasus terjadi pada anak-anak. Kita semua pun tahu bahwa nyamuk Aedes aegypti merupakan penyebab terjadinya penyakit deman berdarah.

Tapi tahukah sahabat Fimela, jika jenis nyamuk di Indonesia mencapai 450 jenis. Namun, menurut Prof. Drh. Upik Kesumawati Hadi, MS. PhD., Kepala Unit Kajian Pengendalian Hama Permukiman (UKPHP) Institut Pertanian Bogor, mengatakan tidak semua jenis nyamuk tersebut merugikan atau menimbulkan gangguan pada manusia.

“Beberapa jenis nyamuk berperan sebagai rantai makanan, hanya sebagian kecil saja yang ada di permukiman manusia,” ujarnya saat ditemui dalam acara peluncuran “My Baby Minyak Telon Plus,” di Jakarta, (19/2).

Prof. Drh. Upik menyampaikan nyamuk bisa berkembang di pemukiman manusia karena manusia menyediakan tempat hidup mereka. Seperti ada air atau limbah, bahkan ventilasi yang buruk menjadi daya tarik untuk nyamuk berkembangbiak.

“Itu mengapa kenapa selalu ada di lingkungan kita. Jadi memang harus lebih aware tentang kebersihan lingkungan dan rumah,” tambahnya.

Selain, nyamuk aedes aegypti yang menyebabkan demamberdarah. Adapula jenis nyamuk yang dapat menularkan penyakit lainnya, seperti malaria, radang otot kaki gajah, hingga yang terbaru virus zika

Beberapa jenis nyamuk yang bisa menularkan penyakit

1. Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus

Aedes aegypti memang sudah tidak asing lagi sebagai penyebab demam berdarah. Nyamuk ini memiliki ciri belang hitam putih, dan 90 persen menghisap di dalam rumah san berkembang di air jernih. Sedangkan, aedes albopictus yang memiliki ciri garis putih dapat menghisap darah di luar rumah dan berkembang di selokan menggenang dan aktif mengigit pada malam hari.

2. Culex quinquefasciatus

Nyamuk ini habitatnya di dalam rumah dengan ciri warna cokelat kemerahan. Nyamuk ini juga menghisap darah yang menjadi salah satu penyebab kaki gajah. Nyamuk ini akan beraksi pada malam hari sekita jam 11-12 malam.

3. Anopheles

Ciri nyamuk ini menggigit dengan posisi nungging, banyak ditemui di persawahan atau pegunungan. Dan tidak ada di perkotaan.

4. Mansonia uniformes

Ciri nyamuk ini belang cokelat putih, banyak terdapat di daerah pedesaan. Habitatnya di kolam yang terdapat atanaman air seperti enceng gondok.

5. Armigeres subalbatus

Ciri khas nyamuk ini belang-belang hitam putih, berkembang biak di septitenk.

 

 

 

;
Loading