Sukses

Lifestyle

4 Tips Cerdas untuk Berhemat Menjelang Lebaran

Fimela.com, Jakarta Marhaban ya Ramadan. Tak terasa hari ini sudah sampai pada hari ke 19 bulan Ramadan. Itu artinya, dalam hitungan hari beberapa hari ke depan lebaran atau Hari Raya telah tiba. Menjelang lebaran, biasanya kebutuhan semakin meningkat. Ada banyak barang yang hendak dibeli. Mulai dari pakaian baru, camilan untuk sajian lebaran dan masih banyak lagi.

Menjelang lebaran, tidak sedikit dari kita yang juga harus menyiapkan uang angpao untuk saudara-saudara yang membutuhkan. Mengingat semakin meningkatnya kebutuhan menjelang lebaran, tidak sedikit dari kita yang akan semakin boros dan melakukan pengeluaran lebih banyak dari hari-hari biasanya.

Agar kita tetap bisa mengontrol keuangan dan berhemat, ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Jangan sampai lebaran menjadikan kita kurang cerdas mengelola keuangan dan asal beli segala kebutuhan yang sebenarnya tak terlalu dibutuhkan. Berikut tips cerdas untuk berhemat menjelang lebaran.

2 dari 3 halaman

Tips Berhemat Menjelang Lebaran

Catat Kebutuhanmu

Tips pertama adalah catat segala kebutuhanmu. Catat segala kebutuhan dari yang bernilai paling tinggi hingga yang bernilai paling rendah. Dengan melakukan pencatatan, ini akan memininalisir kemungkinan belanja barang yang sebenarnya tak dibutuhkan atau diperlukan. Pastikan untuk membeli kebutuhan yang menjadi prioritas utama.

Tabung Sebagian Pendapatan

Saat mendapat penghasilan baik dari gaji atau THR, pastikan untuk segera menyisihkan sebagian untuk tabungan. Miliki dua rekening yang berbeda di mana satu untuk menabung dan satu untuk mencukupi kebutuhanmu sehari-hari. Karena mendapat pendapat penghasilan yang lebih banyak, jangan sampai menghabiskan pendapatan tersebut di sekali waktu.

Jangan Mudah Tergiur dengan Diskon Besar

Walau menjelang lebaran ada banyak barang dan produk yang didiskon secara besar-besaran, usahakan agar tidak mudah tergiur dengan diskon tersebut. Belilah segala sesuatu secukupnya. Ketika menghadapi diskon besar, usahakan untuk lebih bijak dan teliti dalam belanja.

Hindari Terlalu Sering Pergi ke Pusat Perbelanjaan

Jalan-jalan atau mengungjungi pusat perbelanjaan memang menyenangkan. Namun ingat, jalan-jalan dan mengunjungi pusat perbelanjaan juga membutuhkan uang yang akhirnya menuntutmu untuk melakukan pengeluaran. Kunjungi pusat perbelanjaan seperlunya saja. Kunjungi pusat perbelanjaan dan jalan-jalanlah saat memang dibutuhkan. Tinggal di rumah justru akan membuatmu lebih hemat dan bijak dalam mengelola keuangan.

Itulah beberapa tips berhemat menjelang lebaran. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan bagi yang menjalankannya.

 

3 dari 3 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Dua Orang Spesial bagi Natasha Rizki
Artikel Selanjutnya
Di Singapura, Sarwendah Update Kondisi Janin di Kandungan