Sukses

Lifestyle

Gajian Masih Lama, Ini Tips Atur Keuangan Setelah Lebaran

Fimela.com, Jakarta Saatnya kembali ke rutinitas setelah libur Lebaran yang cukup lama. Nah, mayoritas jelas mengeluhkan soal keuangan yang agak berantakan setelah lebaran. Gajian pun juga masih lama. Well, bagaimana sih cara mengatur keuangan agar bisa cukup sampai nanti gajian tiba?

2 dari 3 halaman

Atur semua keuangan dengan baik.

  • Yang pertama adalah periksa uang yang tersisa. Catat semua pendapatan yang ada. Pastikan dana yang diperhitungkan ini adalah dana di luar yang tersimpan di rekening investasi.
  • Setelah itu catat pengeluaran yang masih harus ditanggung sampai jadwal gaji keluar.
  • Jika dana yang ada mencukupi untuk menutupi semua daftar pengeluaran maka bersyukurlah. Jika tidak, coba gunakan sebagian dana darurat untuk menutupnya. Dengan catatan, ketika kelak mendapatkan pendapatan lagi, dana darurat tersebut perlu dikembalikan agar kembali ideal.
  • Lalu, bagaimana jika keadaan dana tidak mencukupi? Nah, jika begini coba lihat kembali semua daftar pengeluaran yang harus dibayar. Dari daftar itu, cobalah melihat apakah ada pos yang masih memungkinkan untuk ditekan atau dihemat lebih banyak? Biasanya yang paling bisa ditekan adalah biaya makan dan transportasi.

Setelah urusan anggaran pengeluaran sampai akhir bulan atau sampai pendapatan kembali bertambah beres, mulailah untuk membuat perencanaan keuangan yang matang agar tak khawatir saat ada keadaan seperti Lebaran ini ya.

3 dari 3 halaman

Simak Video Ini Juga Yuk.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Atur Keuangan yang Kacau Setelah Lebaran
Artikel Selanjutnya
4 Tips Cerdas untuk Berhemat Menjelang Lebaran