Sukses

Lifestyle

Bolehkah Memberi Anak Minuman Kombucha? Simak Ini

Fimela.com, Jakarta Kombucha menjadi salah satu jenis minuman yang sedang banyak dibicarakan. Selain karena rasanya yang unik, masih banyak orang bertanya-tanya tentang manfaatnya.

Walaupun kamu telah sering mendengar tentang manfaat dari kombucha, tidak bisa dipungkiri bahwa minuman ini mengandung kadar alkohol yang rendah. Lantas, amankah memberikan minuman ini untuk anak-anak?

Dilansir dari sheknows.comkombucha adalah minuman produk fermentasi teh manis dengan kultur simbiotik bakteri dan khamir. Kombucha sebenarnya telah ada selama berabad-abad dalam budaya Cina, namun baru populer di Eropa beberapa tahun belakangan.

Salah manfaat utama yang diklaim dari kombucha adalah kandungan probiotik dan vitamin B. Sayangnya, belum ada penelitian yang jelas tentang manfaat mengonsumsi probiotik dan vitamin B secara rutin, semakin banyak belum tentu semakin baik, bukan?

Berdasarkan penjelasan di atas, ada dua masalah utama terkait kombucha dan anak-anak, yaitu kemungkinan kontaminasi bakteri dan kandungan alkohol. Kombucha yang diseduh di rumah lebih berisiko daripada yang kamu beli di toko, mengapa?

 

Hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum kamu memberi anak minuman kombucha

Seperti halnya semua produk yang mengandung ragi dan bakteri, penting untuk memastikan tidak ada kontaminasi dengan strain bakteri berbahaya. Mungkin di pasaran sudah ada label kombucha untuk anak-anak, namun pastikan bahwa kondisi anak-anakmu bisa mengonsumsi minuman tersebut.

Selain itu, kombucha yang dijual di pasaran biasanya memiliki kandungan alkohol yang lebih rendah, dibandingkan kombucha yang dibuat di rumah. Selain kandungan alkohol, probiotik juga harus menjadi pertimbanganmu memberikan kombucha untuk anak.

Anak-anak yang masih memiliki gigi bayi harus menghindari minuman ini. Kombucha sangat asam dan jika dikonsumsi secara berlebihan, gigi bisa menjadi sensitif, berlubang, bahkan rusak.

Anak-anak bisa mendapatkan asupan antioksidan, probiotik, vitamin, dan mineral dari sumber lain, seperti buah, sayur, yogurt, dan biji-bijian. Apa kamu sendiri pernah mengonsumsi kombucha?

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Jam Tangan Anak Berteknologi Tinggi Bantu Orangtua Berkomunikasi dengan Si Kecil
Artikel Selanjutnya
4 Tips agar Anak Tak Menangis Saat Akan Ditinggal Kerja