Sukses

Lifestyle

3 Keuntungan Menjadi Digital Nomad

ringkasan

  • Menjadi Bos untuk Diri Sendiri
  • Terhindar dari Kemacetan
  • Memiliki Jaringan yang Luas

Fimela.com, Jakarta Pernah dengar istilah digital nomad? Digital nomad bisa diartikan sebagai seseorang yang memutuskan untuk bekerja secara lepas dan memanfaatkan teknologi jadi tak terikat oleh tempat dan waktu. Seorang digital nomad bisa bekerja dengan memanfaatkan teknologi yang ada tanpa harus ngantor dengan ikatan waktu kerja tertentu.

Biasanya seorang digital nomad sangat mengandalkan jaringan internet. Selama ada internet, bekerja bisa dilakukan secara independen di mana saja dan kapan saja. Pekerja lepas, profesional yang bekerja secara mandiri, pengusaha, dan pekerja yang memanfaatkan dunia digital untuk bekerja bisa termasuk dalam kategori digital nomad. Apa saja keuntungan menjadi digital nomad? Berikut sejumlah manfaatnya.

1. Menjadi Bos untuk Diri Sendiri

Kita bisa menjadi bos untuk diri kita sendiri. Mengatur beban pekerjaan dan jadwal kerja sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan kita. Motivasi kerja pun bisa lebih tinggi sebab produktivitas kerja kita bisa memberi dampak langsung terhadap pendapatan yang kita punya. Meski tampaknya jam kerja dan beban kerja lebih fleksibel, tapi butuh kedisiplinan dan komitmen tinggi untuk menjaga ritme kerja tetap stabil.

 

2. Terhindar dari Kemacetan

Kalau bekerja di kantor yang jauh dari rumah, setiap harinya ada waktu yang habis karena macet di jalan. Perjalanan pulang pergi rumah ke kantor kadang bisa cukup melelahkan dan bikin stres. Dengan menjadi digital nomad, kita bisa memilih tempat kerja kita sendiri. Mau bekerja di rumah, di kafe, atau di studio semua bisa kita lakukan. Tak lagi terjebak dalam kemacetan yang membuat kita stres.

3. Memiliki Jaringan yang Luas

Bila kita bisa memanfaatkan profesi kita sebagai digital nomad yang optimal, kita bisa memiliki jaringan yang luas. Rekan-rekan kerja kita bisa berasal dari berbagai wilayah dan negara. Kita bisa menyapa dan berkomunikasi dengan mereka dengan memanfaatkan jaringan internet. Rasanya akan makin seru karena bisa saling bertukar pikiran dan sudut pandang dengan lebih luas lagi.

Untuk sukses menjadi digital nomad kita perlu komitmen yang kuat. Kita juga perlu mengantisipasi sejumlah konsekuensinya, seperti harus mencari solusi yang tepat saat koneksi internet tak bersahabat dan mengatur waktu yang sesuai dengan prioritas dengan lebih baik.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Bekerja Maksimal dengan Hati Senang, 4 Tips Menciptakan Kondisi Flow
Artikel Selanjutnya
4 Tips Menyampaikan Kritik yang Membangun pada Rekan Kerja