Sukses

Lifestyle

Trik Cerdas Membuat Rumah Bebas Debu

Fimela.com, Jakarta Debu di dalam rumah memang menjadi tantangan tersendiri bagi kamu yang menyukai kebersihan. Inilah mengapa ada beberapa orang yang rela membersihkan seluruh bagian rumah mereka setiap hari, agar terbebas dari debu, apakah kamu juga melakukan hal ini?

Jangan khawatir, dilansir dari boldsky.com, Jumat (26/7/2019), berikut ini adalah beberapa trik cerdas membuat rumah bebas dari debu. Penasaran?

1. Ganti karpet di dalam rumah

Karpet adalah rumah bagi debu. Menyedot debu yang ada di karpet setiap hari mungkin masih tidak mengubah apapun, kamu perlu mencucinya untuk benar-benar membersihkannya.

Sebaiknya ganti karpet di dalam rumah dengan karpet vinil. Selain mudah dicari, karpet vinil juga menjauhkan rumah dari debu.

2. Tutup jendela

Terutama jika kamu tinggal di sebuah rumah yang menghadap ke jalan, sangat penting untuk selalu menutup jendela. Debu yang ada di jalanan sangat berbahaya, karena mengandung gas dan polutan.

3. Bersihkan filter udara

Sama halnya dengan menjaga jendela agar tetap tertutup, pastikan filter udara di AC atau dalam rumah selalu disaring. Penumpukan debu dapat membuat masalah serius pada filter.

4. Membersihkan, menyapu, mengepel

Bersihkan batal, gorden, karpet, dan barang-barang lainnya sebelum menyapu seluruh tempat di dalam rumah untuk memastikan tidak ada partikel debu yang tertinggal. Terakhir adalah mengepel seluruh bagian rumah agar benar-benar bersih.

 

Tips membuat rumah bebas debu

5. Menggunakan humidifier

Alat ini sangat penting bagi kamu yang tinggal di daerah yang kering. Lingkungan yang kering membentuk listrik statis, menarik debu dan kotoran seperti magnet.

6. Menyingkirkan sampah

Singkirkan semua sampah atau barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi dari dalam rumah atau ruang penyimpanan. Menyingkirkan barang-barang ini memungkinkan kamu untuk membersihkan setiap ruangan di dalam rumah lebih sering.

7. Mengurangi furnitur mewah

Tekstil, seperti linen, satin, dan beludru terkenal dapat menarik debu. Cobalah menggunakan furnitur yang terbuat dari kayu dan kulit untuk mengurangi penumpukan debu di dalam rumah.

8. Jangan menaruh alas kaki di dalam rumah

Alas kaki adalah pembawa kotoran dan debu dari luar rumah. Batasi penggunaannya di dalam rumah atau buat tempat penyimpanannya terpisah.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Menyimpan Uang untuk Membeli Rumah Pertama
Artikel Selanjutnya
Baru Pindah Rumah? Ini Benda yang Sering Lupa Disiapkan