Sukses

Lifestyle

Muncul Bercak Cokelat Menjelang Haid, Apakah Bahaya?

Fimela.com, Jakarta Beberapa perempuan mungkin akan mendapati bercak cokelat di celana dalamnya saat menjelang haid. Hal ini bisa saja sangat membingungkan, membuat khawatir dan takut. Tidak sedikit perempuan yang merasa khawatir dan takut karena mendapati bercak cokelat keluar dari miss V.

Mengenai kemunculan bercak cokelat, apakah hal ini berbahaya? Apa yang menjadi penyebab munculnya bercak cokelat menjelang haid?

Melansir dari laman parents.com, bercak cokelat menjelang haid adalah suatu hal yang umum terjadi. Bercak itu merupakan sisa darah kotor sebelumnya yang keluar bersama keputihan. Bercak cokelat ini adalah sisa darah yang masih menempel di dinding rahim dan sedang luruh atau keluar.

Penyebab Munculnya Bercak Cokelat

Tak hanya menjelang haid, bercak cokelat karena sisa darah haid ini bisa muncul sewaktu-waktu. Kondisi ini tak perlu dikhawatirkan terlalu berlebihan karena ini adalah kondisi yang normal terjadi. Selain sebagai tanda awal masa haid, bercak cokelat yang muncul dari dalam miss V juga disebabkan oleh gejala PMS. Ini biasanya disertai dengan rasa tidak nyaman di perut, punggung sakit dan payudara kencang.

Munculnya bercak cokelat dari dalam miss V juga bisa disebabkan oleh tanda kehamilan. Para ahli menemukan jika bercak cokelat yang terjadi selama berhari-hari minimal 7 hari bisa sebagai tanda kehamilan. Bercak sebagai awal kehamilan ini juga ditandai dengan payudara mengencang dan semakin besar, kelelahan hebat, sering buang air kecil juga mual serta muntah.

Beberapa penyebab lain dari munculnya bercak cokelat adalah premenopause, baru melakukan pap smear, pengaruh alat kontrasepsi, cidera di miss V dan adanya risiko penyakit tertentu semisal penyakit seksual menular. Jika flek cokelat ini muncul menjelang haid atau menstruasi, besar kemungkinan hal ini tidak berbahaya. Untuk mengetahui kesehatan tubuh secara lebih lanjut, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, bidan atau klinik terdekat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Ingin Kram, 7 Makanan Ini Harus Dimakan Selama Menstruasi
Artikel Selanjutnya
Mitos atau Hoax tentang Menstruasi dan Jawaban Dokter Reisa Broto Asmoro