Sukses

Lifestyle

FIMELA FEST 2019: Gaji Pas-Pasan Masih Bisa Banyak Gaya Kok, Ini Tipsnya!

Fimela.com, Jakarta Mengelola gaji berperan penting untuk menentukan status keuangan seseorang dari waktu ke waktu. Kunci untuk mengelola gaji agar berhasil adalah keterampilan dalam pengambilan keputusan.

Mengelola gaji adalah tentang mengatur arus pemasukan dan pengeluaran, juga agar ada uang yang cukup untuk ditabung. Sebenarnya tidak ada cara sederhana untuk mengelola gaji, namun tetap ada berbagai langkah praktis yang bisa memastikan bahwa dengan gaji pas-pasan, kamu masih bisa gaya kok!

1. Menetapkan tujuan finansial

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menetapkan dan merinci tujuan keuangan. Tujuan ini bisa apa saja, seperti dilansir dari thriveglobal.com, Senin (30/9/2019).

Tujuan yang kamu buat bisa saja liburan atau membeli rumah impian. Atau bisa juga tujuan jangka pendek, seperti membeli ponsel atau membuat pesta ulang tahun anak, dan hal ini harus dirinci, serta sebaiknya ditulis.

Tujuan ini akan menentukan bagaimana kamu merencanakan keuangan dan di mana akhirnya kamu menghabiskan uang. Semua tujuan yang telah ditetapkan juga harus diklasifikasikan sebagai jangka pendek atau jangka panjang, serta diprioritaskan.

2. Membuat rencana

Rencana keuangan berasal dari tujuan dan merupakan jalan untuk mencapai kesuksesan. Rencana harus mencakup batasan waktu dan perincian tentang gaji, serta pengeluaran.

Kamu harus memahami sumber penghasilan atau gaji untuk mengelolanya, pengeluaran, dan bagaimana kamu mendistribusikan uang tersebut. Membuat rencana keuangan dan melacak kemajuan dari waktu ke waktu adalah bagian penting dari pengelolaan gaji.

 

 

3. Membuat dana darurat

Bersiaplah untuk hal-hal yang tak terduga. Dana darurat harus menjadi bagian dari anggaran setiap bulan.

Jika kamu merasa tidak dapat mengambil dana darurat dari gaji, rencanakan terlebih dahulu. Carilah opsi terbaik dan berguna yang bisa kamu ambil ketika situasi yang buruk tiba-tiba terjadi.

4. Ketat dengan anggaran

Anggaran adalah bagian paling penting untuk mengelola gaji dengan sukses. Pengeluaran tanpa anggaran akan membuat pengeluaran tersebut berlebihan dan kehilangan jejak, dengan begini kamu tidak akan pernah bisa menabung.

Ketika anggaran sudah dibuat, tegaslah dengan anggaran tersebut. Walaupun sudah diperinci, anggaran yang baik adalah anggaran yang bisa mengakomodir semua kebutuhanmu.

5. Bebas hutang

Kata hutang itu sendiri sudah mencemaskan, bukan? Hutang bisa menjadi hambatan besar bagi stabilitas keuangan.

Menghilangkan hutang adalah tujuan yang prioritas. Ada banyak cara kamu bisa melakukannya, seperti melunasi cicilan sebagai prioritas setiap bulan, membagi pembayaran hutang menjadi lebih kecil, dan melunasi hutang sepenuhnya sebelum memikirkan hal lainnya.

6. Menerima saran

Jika kamu merasa belum mampu mengelola gaji dengan baik, mintalah bantuan dari profesional. Hal ini khususnya untuk keputusan investasi, cari tahu di mana kamu bisa menginvestasikan uangmu dengan baik dan apa risikonya.

Ingin tahu lebih banyak tentang berbagai tips finansial terkait gaji pas-pasan dan masih bisa banyak gaya? Daftarkan dirimu sekarang juga dan dapatkan kesempatan untuk menghadiri talkshow Fimela Fest 2019 bersama Prita Hapsari Ghozie di sini! Prita adalah seorang perencana Keuangan independen, lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan memiliki gelar master dari University of Sydney, Australia.

 

 
Loading
Artikel Selanjutnya
Di Fimela Fest 2019, Rexona dan Karina Nadila Ajak Para Perempuan untuk Berani Bermimpi dan Mewujudkannya
Artikel Selanjutnya
Fimela Fest 2019: AXA Financial Bersama Prita Hapsari Ghozie Ajak Para Perempuan untuk Sehat Finansial