Sukses

Lifestyle

Ingin Fokus Menjalani Agenda Harian? Lakukan 4 Hal Ini Setiap Malam Sebelum Tidur

Fimela.com, Jakarta Sering kali kita kelelahan setelah melalui hari yang sibuk di luar rumah, namun di waktu tidur kita juga sering kali merasa sulit untuk tidur. Dari mulai terus memikirkan banyaknya pekerjaan yang belum terselesaikan untuk esok hari, hingga aktivitas lainnya yang belum sempat dijalani.

Hal ini dapat menyita waktu tidur kita, sehingga membuat tubuh tidur larut malam. Ketika bangun pagi tubuh terasa lelah, dan kerap menunda waktu untuk beranjak dari tempat tidur. Kenyataannya itu tidak membantu meningkatkan kemampuan pikiran untuk fokus beraktivitas. Kurangnya waktu berisitirahat menjadi alasan utama yang membuat pikiran akhirnya tidak fokus, di luar kendali, gelisah, dan tidak bahagia.

Jika kamu mungkin sudah memiliki ritual pagi yang sempurna, bahkan kalender yang sepenuhnya sudah terencana, tetapi kamu masih merasa kekurangan energi, hari-hari jadi tidak produktif, bukan? Dilansir dari medium.com (26/11) kamu bisa melakukan 4 rutinitas ini di malam hari sebelum tidur agar membuat dirimu tidak mudah lelah dan lebih fokus.

1. Dari menit ke-0 hingga menit ke-10: Akhiri Harimu

Setiap malam kamu bisa mengambil waktu 10 menit untuk membuat catatan tentang harimu yang sudah kamu jalani. Dalam beberapa kalimat, tulislah tentang apa yang telah kamu capai, apa yang telah kamu pelajari, dan apa pun yang berharga untuk diingat.

Sederhana saja, akhiri harimu sebelum memulai hari baru. Juga, akhiri setiap minggu sebelum kamu memulai minggu baru. begitupun untuk setiap bulan, dan setiap tahun. Kedengarannya sederhana, bukan? Ini adalah salah satu ide "sederhana" yang memiliki dampak besar untuk kehidupanmu

2. Dari menit ke-10 hingga menit ke-20: Tinjau Kalender Esok Hari

Ini adalah hal yang penting untuk kamu lakukan. Ketika bangun tidur, kamu ingin tahu persis seperti apa harimu. Apakah kamu memiliki rapat atau panggilan penting? Deadline? Dan apa yang harus kamu lakukan? Kapan kamu berolahraga? Apakah kamu memiliki item mendesak dalam agenda?

Latihan sederhana ini menghilangkan hampir semua stres dan kecemasan yang kamu miliki. Sebagian besar kecemasan berasal dari masalah yang tidak terpecahkan. Dan seringkali, kita khawatir tentang masalah yang hanya terbayang di kepala.

Tetapi ketika kamu berkata pada diri sendiri: “Saya akan mengerjakan masalah X dari jam 10 pagi sampai jam 11 pagi” Setidaknya kamu bisa membuat dirimu sedikit santai karena semua rencana juga terjadwalkan dengan baik. Begitu juga saat malam hari, tidak ada yang dapat kamu lakukan di malam hari selain tidur yang cukup, biarkan pemecahan masalah dilakukan esok hari saat otak masih terasa segar.

 

3. Dari menit ke-20 hingga menit ke-25: Persiapkan pakaian untuk esok hari

Penampilan selalu menjadi cermin kepribadian seseorang. Jangan sampai kamu salah menentukan apa yang harus kamu kenakan di hari esok karena kamu merasa sudah tidak ada waktu lagi untuk mix & match outfit.

Sebaiknya dalam hal memilih baju kamu bisa melakukannya saat malam hari sebelum tidur. Manfaatkan waktu agar otakmu bisa terisi ulang dengan sempurna dengan tidak memikirkan apapun saat akan tidur dan istirahat yang cukup. Jadi mengapa tidak menyiapkan pakaian sebelum tidur di malam hari, sehingga kamu tidak harus menggunakan kekuatan otak yang berharga di pagi hari.

 

4. Dari menit ke-25 hingga menit ke-30: Visualisasikan

Karena kamu sudah membaca kalender sebelumnya, kamu menjadi tahu seperti apa harimu nantinya. Selanjutnya, visualisasikan keesokan harinya secara terperinci. Sebaiknya lakukan rutinitas ini di malam hari karena saat terbangun di pagi hari, kamu masih ingat apa yang kamu bayangkan. Kamu juga akan merasa senang dalam mengawali hari. Hasil dari rutinitas ini adalah, misalnya kamu tidak lagi tertidur saat aktivitas sedang padat karena kelelahan.

Rutinitas malam hari selama 30 menit ini berakibat pada tidurmu, kamu bisa tidur dengan nyenyak tanpa stres, dan terbangun dengan fokus. Kamu benar-benar tahu apa yang harus kamu lakukan untuk mengubah hari menjadi lebih produktif.

 

Penulis: Iffah NurahmahHai 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Tips Menjaga Kebugaran Tubuh saat Pekerjaan Menyita Jam Tidurmu
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Kualitas Tidurmu Buruk dan Tips Mengatasinya