Sukses

Lifestyle

Jarang Disadari, Ini Kesalahan Memakai Minyak Zaitun saat Memasak

Fimela.com, Jakarta Ada banyak macam minyak yang digunakan untuk memasak, salah satunya yang paling familiar adalah minyak zaitun. Dikenal mmeiliki kandungan lebih sehat dibanding minyak goreng dari kelapa sawit, sayangnya banyak orang tak tahu bagaimana cara menggunakan minyak zaitun dengan benar. Tanpa disadari, beberapa orang melakukan kesalahan memakai minyak zaitun ini.

1. Digunakan untuk menggoreng

Ini adalah kesalahan pertama dan fatal karena beberapa orang berpikir bahwa minyak zaitun dapat diperlakukan sama halnya seperti minyak goreng pada umumnya, untuk menggoreng (deep frying). Padahal, minyak zaitun tidak cocok digunakan untuk menggoreng karena memiliki titik asap yang rendah dan nutrisinya akan hilang karena panas, sehingga tidak boleh digunakan memasak dengan cara menggoreng.

2. Menyamakan semua jenis minyak zaitun

Jika teliti melihat di pasaran, ada beberapa jenis minyak zaitun yang dapat dibedakan, dua di antaranya adalah minyak zaitun murni dan minyak zaitun yang untuk menggoreng. Minyak zaitun murni atau virgin oil sebaiknya digunakan untuk dressing atau tambahan pada makanan yang tidak diproses dengan suhu panas. Minyak zaitun untuk menggoreng bisa digunakan untuk menumis atau memanggang.

Minyak zaitun memang lebih sehat dibanding minyak lainnya untuk memasak tapi juga butuh perlakuan khusus agar bisa mendapatkan manfaat dan nutrisinya yang utuh.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading