Sukses

Lifestyle

3 Tips Menabung Sambil Melunasi Utang Menurut Ahli Keuangan

Fimela.com, Jakarta Bagi kebanyakan orang, menabung merupakan hal mudah. Tinggal hitung saja dari keseluruhan pendapatan atau gaji. Ambil 10-30% dari gaji, dan masukkan ke dalam akun deposito atau tabungan biasa. 

Namun, bagi kamu yang masih memiliki cicilan mobil, rumah, atau kartu kredit, rasanya menabung itu membutuhkan usaha yang sangat keras. Pasalnya, sebagian besar jatah untuk menabung sudah kamu alokasikan untuk membayar cicilan atau melunasi utang. 

Namun, seperti kata pepatah, di mana ada kemauan di situ ada jalan. Hello Giggles menulis, menabung sambil membayar cicilan itu memungkinkan, selama kamu mau menghitung dan mengikuti beberapa tips berikut ini dari ahli keuangan sekaligus penulis buku terkenal Happy Go Money, Melissa Leong. 

Cari Tahu Kesehatan Keuanganmu

Pertama-tama, kata Leong, kamu harus memeriksa keuanganmu sendiri. Periksa berapa jumlah pemasukan dan pengeluaran. Apakah merugi, atau masih ada sisa yang bisa kamu sisihkan? Untuk bisa mengetahui hal ini, tentu saja kamu harus melakukan budgeting. Mulai dari ongkos, makan, bayar listrik, dan semua biaya hidup satu bulan. Kemudian hitung juga berapa utang atau cicilan yang harus kamu bayar per bulan. 

Ketika keuanganmu sehat alias surplus, Leong menyarankan untuk menentukan berapa banyak uang yang bisa kamu habiskan untuk nongkrong bersama teman atau menonton film. "Bagaimana pun juga, kamu harus bisa menikmati hidup, pastikan saja keuanganmu itu sehat," jelasnya. 

Bikin Daftar Utang 

Setelah itu, buat sebuah daftar utang yang lengkap dan terperinci. Kalau perlu, sertakan juga bukti pembayaran cicilan selama ini yang belum selesai. Nah, setelah itu, jumlahkan semua utang. Gabungkan semua jumlah utang dalam satu tagihan, sehingga pembayaran minimumnya dihitung berdasarkan seluruh utangmu. Gunakan persentase bunga yang paling tinggi. Kalau sudah ketemu jumlah pembayaran minimum, itulah jumlah uang yang harus kamu bayarkan per bulan, hingga utangmu lunas nanti. 

Cari Pendapatan Tambahan

Banyak orang yang mengeluh kalau jumlah uang yang mereka tabungkan biasanya sedikit. Atau sama sekali tidak ada dana untuk ditabungkan karena sudah habis untuk seluruh pembayaran tagihan dan biaya hidup. 

Solusinya, tulis Forbes, menambah 'keran' pendapatan. Dengan kata lain, kamu harus mencari pendapatan tambahan. Ini bisa kamu dapatkan dari berbagai cara, mulai dari berbisnis, pekerjaan sampingan, dan lain sebagainya. 

#Growfearless with FIMELA

;
Loading