Sukses

Lifestyle

4 Tips Realistis agar Hubungan Jarak Jauh tak Berujung Perpisahan

Fimela.com, Jakarta Menjalani long distance relationship (LDR) atau hubungan jarak jauh memang tak mudah. Terpisah jarak yang jauh menjadi rintangan terbesar untuk menjaga keutuhan hubungan. Namun, bukan berarti mempertahankan LDR itu tak bisa dilakukan.

Agar LDR bisa terus langgeng dan tak berujung perpisahan, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Empat cara yang paling dasar yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut. Kita bisa menyesuaikannya sendiri dengan kebutuhan dan karakter kita beserta pasangan kita.

1. Membuat Ekspektasi Realistis dalam Berkomunikasi

Inginnya sih bisa setiap hari berkomunikasi. Baik melalui pesan teks maupun video call. Namun, bila hal itu terlalu sulit untuk dilakukan, maka kita perlu membuat ekspektasi yang lebih realistis dalam berkomunikasi. Jika membuat jadwal dalam berkomunikasi, pastikan jadwalnya bisa diikuti oleh kita dan pasangan dengan baik. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kesibukan masing-masing.

2. Saling Memberi Ruang untuk Memaksimalkan Kemandirian

Dilansir dari elitedaily.com, menurut psikolog klinis Dr. Joshua Klapow, Ph.D., jika kita dan pasangan sudah bisa menikmati hidup dan kemandirian tanpa kehadiran satu sama lain setiap hari, hubungan memiliki kemungkinan besar akan langgeng. "Nikmati waktu sendiri dengan cara yang sehat, produktif, dan memuaskan," papar Dr. Klapow. Untuk mengatasi tantangan-tantangan yang ada dalam LDR, bisa saling memberi ruang akan menghadirkan rasa nyaman satu sama lain.

3. Memberi dan Menerima Rasa Saling Percaya

Jika kita terus curiga dengan yang dilakukan pasangan saat menjalani LDR, maka rasanya sulit untuk mempertahankan hubungan yang ada. Jika pasangan kita terus curiga dengan hal-hal yang realistis terhadap yang kita lakukan, maka hubungan pun akan makin sulit untuk dipertahankan. Penting untuk membangun dasar saling percaya sejak dari awal hubungan.

4. Nyaman untuk Bicara Jujur

Kejujuran adalah aspek penting dalam setiap hubungan. Aspek ini pun jadi yang paling penting sekaligus yang cukup menantang dalam hubungan jarak jauh. Bangun dan ciptakan rasa nyaman satu sama lain untuk bisa bicara jujur dan terbuka satu sama lain. Saat sudah bisa merasa nyaman dalam bicara jujur dan terbuka, maka menciptakan komunikasi yang efektif akan lebih mudah.

Bagi para pejuang LDR, semoga hubungan yang dijalani saat ini bisa terus dipertahankan dan langgeng, ya. Setiap hubungan pasti akan menemukan hambatan dan tantangannya masing-masing. Tinggal bagaimana cara kita untuk bisa tetap berusaha bersikap realistis mencegah dan mengatasi setiap masalah yang ada bersama-sama.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading