Sukses

Lifestyle

4 Organ Tubuh Ini akan Rusak Jika Tubuh Terlalu Banyak Garam

Fimela.com, Jakarta Tubuh kita butuh nutrisi lengkap namun dalam jumlah secukupnya, termasuk garam atau dalam beberapa makanan ditemukan dalam bentuk sodium. Makan makanan asin memang enak tapi jika kadar garam terlalu banyak di dalam tubuh, akan merusak kesehatan, terutama beberapa oragan berikut.

Otak

Karena otak mengatur sistem saraf tubuh, kelebihan garam akan membuat otot syaraf tegang atau kaku sehingg dapat menyebabkan melemahnya kemampuan ingatan dan berisiko mengembangkan demensia. Otot yang menegang juga berisiko menyebabkan pecahnya pembuluh darah yang berakibat pada terjadinya stroke.

Jantung

Ketika banyak garam di dalam tubuh darah akan mengental. Jantung yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh juga akan mengalami pelambatan karena otot arteri bekerja lebih keras. Ketika kerja jantung berat, akan menimbulkan nyeri dada dan jika otot pembuluh darah arteri pecah akan menimbulkan serangan jantung.

Ginjal

Ginjal yang berfungsi menyaring darah dari zat sisa dan cairan di tubuh bisa bekerja lebih keras menyaring garam untuk dikeluarkan dari tubuh karena terlalu banyak. Hal ini akan melemahkan fungsi ginjal dan bahkan bisa menyebabkan gagal ginjal.

Pembuluh arteri

Pembuluh arteri di seluruh tubuh yang membawa darah akan mengalami tekanan dan pengerasan. Darah juga jadi mengental dan tubuh jadi lambat menerima nutrisi. Karena darah lambat sampai ke otak, asupan oksigen dan nutrisi ke otak juga menurun. Jika pembuluh darah dibiarkan terus-menerus mengalami pengerasan maka bisa pecah dan mengganggu kerja organ tubuh lain.

Jadi, mulai sekarang kurangi konsumsi garam agar tetap sehat ya Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading